DepokNews–Site Engineer Manager, PT PP Properti Tbk, Rico Akbar mengatakan, pembangunan JPO diperkirakan akan selesai pada akhir Februari 2020. Saat ini progress pembangunannya sudah mencapai 55 persen.

“Mudah-mudahan JPO ini bisa selesai sesuai target dan dapat meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Khususnya masyarakat Kota Depok,”katanya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kembali menambah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di tahun ini.

JPO yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan tersebut terletak di Jalan Margonda Raya, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji atau tepatnya di Tugu Selamat Datang.

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna mengatakan, fasilitas umum yang dibangun tersebut merupakan kerjasama antara Pemkot Depok dengan PT PP Properti melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Untuk itu, pihaknya mendorong agar JPO ini segera dibangun sehingga dapat digunakan oleh masyarakat.

“JPO tersebut bukan JPO biasa. JPO ini pula akan menjadi gapura selamat datang Kota Depok,” ucapnya

Dirinya menjelaskan, JPO ini memiliki panjang 32 meter dan lebar lima meter.

JPO yang cukup luas dan bernuansa etnik ini, tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyeberangan tetapi juga untuk aktivitas perekonomian.

“Akan ada gerai UMKM di sana. Maka itu, saya mengimbau agar warga bersabar jika ada gangguan sedikit di lokasi pengerjaan. Tentu itu semua agar JPO dapat segera digunakan,” jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana mengataka Pemkot Depok akan menambah satu JPO di Jalan Margonda tepatnya di depan gedung Apartemen Envencio yang menghubungkan bagian sisi lainnya lalu ke arah Stasiun Kampus

Sementara itu Ketua LPM Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji Munir H Mukri menambahkan pihaknya sudah mendengar rencana pembanguna JPO oleh Pemkot Depok.

“Ya beberapa waktu lalu kami Site Engineer Manager, PT PP Properti Tbk, Rico Akbar mengatakan, pembangunan JPO diperkirakan akan selesai pada akhir Februari 2020. Saat ini progress pembangunannya sudah mencapai 55 persen.

“Mudah-mudahan JPO ini bisa selesai sesuai target dan dapat meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Khususnya masyarakat Kota Depok,” tu sosialisasi pembangunan JPO di Jalan Margonda”katanya.

Dia mengatakan JPO itu nantinya akan menjadi gerbang Kota Depok dan akan ornamen Gong si Bolong yang merupakan salah satu alat tradisional musik Kota Depok.

Pemerintah Kota Depok menggandeng pihak swasta yakni apartemen Enveciio untuk melakukan pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang dan Gapura Selamat Datang di Jalan Margonda, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji.

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna kepada wartawan mengatakan kondisi gapura selamat datang kondisinya sangat memperihatinkan dan sudah rentan ambruk.

“Kami melihat gapura selamat datang di Jalan Margonda miris sekali sudah tidak layak maka kami desak pihak swasta yang saat ini sedang membangun apartemennya untuk membantu upaya pembangunan JPO dan tugu Selamat datang,”katanya.

Sangat tidak etis Jalan Margonda yang merupakan pintu utama Kota Depok dan Propinsi Jawa Barat gapurannya dalam kondisi kumuh dan kotor sehingga membuatn Jalan Margonda yang tidak elegan dan estetikanya.

Dengan adanya pembangunan apartemen di depan gapura selamat datang maka Pemkot meminta kepada pihak swasta yang membangun apartemen itu membangun JPO sekaligus gapura selamat datang.

Nantinya antara JPO dan Gapura Selamat datang banggunannya menjadi satu sehingga JPO itu digunakan oleh warga dengan nyaman aman senang saat melintasnya.