Proses pemelihan Ketua RW.11 Kelurahan Panmas

DepokNews,Panmas—Pemilihan ketua Rukun Warga (RW) 11 Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan, Pancoran Mas berlangsung secara demokratis pada Ahad (28/2/2021). Kegiatan yang melibatkan ratusan warga pemilih tersebut juga berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar.


Menariknya, proses pelaksanaan ‘pesta demokrasi’ tersebut mirip seperti ajang pemilihan kepala daerah, setelah terbentuk panitia pemilihan, dilanjutkan dengan penjaringan calon-calon ketua RW, hingga pelaksanaan bedah visi dan misi para kandidat.


Terdapat 4 kandidat ketua RW 11 yang nomor urutnya sesuai dengan jumlah 4 Rukun Tetangga (RT), yaitu Zainal Abidin, Misroji, Jayadih, dan Wahyu Permana. Keempat kandidat ini mewakili wilayah keempat RT tersebut.


“Kami memiliki jumlah pemilih berdasarkan pemegang kartu keluarga (KK) yang menetap di wilayah RW 11. Totalnya ada 364 pemilih,” kata Ketua Panitia Pemilihan RW 11 Yudi Gunawan.


Lurah Pancoran Mas, Suganda juga ikut menyaksikan jalannya pelaksanaan pemilihan ketua RW periode 2021-2024 tersebut. Ia mengapresiasi pelaksanaan pemilihan yang telah melalui proses demokratis. “Mari kita wujudkan lingkungan yang tertib dan aman dengan menjaga persatuan dan kesatuan melalui pemilihan ketua RW 11 ini,” ujarnya saat memberikan sambutan.


Dari 364 pemilih itu, ada 298 orang yang menyalurkan hak pilihnya ke tempat pemungutan suara. Pemungutan suara berlangsung dari pukul 08.00-13.00. Dari penghitungan suara, komposisinya adalah sebagai berikut: Zainal Abidin memperoleh 44 suara, Misroji mendapatkan 117 suara, Jayadih mengumpulkan 96 suara, dan Wahyu Permana memperoleh 38 suara. Sementara 3 suara dinyatakan tidak sah.


Berdasarkan perolehan suara tersebut, Misroji yang mantan ketua RT 02/11 periode 2018-2021, dinyatakan sah menjadi Ketua RW 11 periode 2021-2024. Kemenangannya disambut oleh ratusan warga yang antusias gegap gempita menyambut pemimpin yang baru. Mereka berharap dengan pemimpin yang baru, kampung Jemblongan RW 11 dapat menjadi wilayah yang terbaik di Kelurahan Pancoran Mas.


“Insya Allah dengan bekal menjadi RT 02/11 yang telah saya buktikan dan menjadi kebanggaan warga, saya akan mewujudkan RW11 menjadi RW telah se-Pancoran Mas,” kata Misroji dalam sambutan kemenangannya.*