Sekjen Kementerian Koperasi & UKM Ir. Agus Muharram, MSP saat menyerahkan penghargaan kepada Kepala DKUM Kota Depok Fitriawan Sumadi

Pemerintah Kota Depok Terima Penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2017

Posted on 32 views

DepokNews — Pemerintah Kota Depok, dalam hal ini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok mendapatkan penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2017 dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.

Penghargaan ini diberikan saat berlangsungnya acara Gebyar UKM Indonesia 2017 yang terselenggara atas kerja sama antara ICSB Indonesia dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia di Gedung SME Tower, Jakarta, kemarin.

Kepala DKUM Kota Depok Fitriawan Sumadi menuturkan, penghargaan ini sebagai wujud apresiasi atas dedikasi Pemerintah Kota Depok dalam membina serta mengembangkan para pelaku UMKM di Depok.

“ICSB Indonesia sendiri adalah sebuah organisasi non profit dunia yang memiliki tujuan untuk melanjutkan pendidikan manajemen bagi pengusaha dan usaha kecil menengah,” jelas Fitriawan.

Untuk penghargaan ini, lanjut Fitriawan, ICSB Indonesia melakukan survei ke beberapa kota atau kabupaten yang ada di wilayah Jabodetabek untuk mengetahui sejauh mana dinas atau instansi terkait dalam membina dan memberdayakan UMKM di wilayah masing-masing.

“Alhamdulillah, Pemkot Depok khususnya DKUM mendapatkan penghargaan ini. Tentu prestasi ini menjadi motivasi untuk kami agar kedepan untuk terus dapat memberdayakan UMKM dan pelaku industri kreatif di Kota Depok menjadi lebih berkembang lagi,” tuturnya.

Ia menjelaskan, prestasi ini diraih tidak terlepas dari program maupun hal lainnya yang dilakukan oleh pihaknya dalam membina pelaku UMKM di Kota Depok. Mulai dari pelatihan pengemasan produk, pelatihan pemasaran produk, sertifikasi P-IRT, hingga pemberian informasi akses permodalan. Tujuannya adalah agar para pelaku UMKM di Depok dapat memahami segala sesuatu yang diperlukan dalam membuka usaha, mulai dari pengemasan, pemasaran, izin dan tentu permodalan.

“Kita akan terus memperhatikan para pelaku UMKM yang ada di Depok. Bukan hanya dari sisi pelatihan dan akses permodalan saja, melainkan juga dari sisi sarana dan prasarana akan kami perhatikan juga,” tutupnya.