Pembangunan Underpas Dewi Sartika Segera Dimulai

DEPOK– Mimpi Pemkot Depok untuk membangun underpas Dewi Sartika, Depok, nampaknya akan mulai terwujud. Hal tersebut ditandai dengan adanya kesepakatan oleh provinsi Jabar agar pembangunan dimulai Juni 2020.

Wali Kota Depok Muhammad idris, mengatakan pembangunan Underpas tersebut dilakukan dalam dua tahap dengan dana total sebesar Rp 110 miliar dan dikerjakan selama 14 bulan.

“Sudah ada kesepakatan dan waktu pengerjaan selama 1 tahun 2 bulan
dan kita juga membuat surat keputusan penetapan lokasi (SKPL) berkaitan dengan kegiatan tersebut,” kata Muhammad idris saat dikonfirmasi. Kamis (20/2/2020).

Dijelaskan Idris, terkait anggaran pembangunan untuk tahap awal
sebesar Rp 56 miliar. Tahap ke dua awal tahun 2021 sebesar Rp 54 miliar dan dikerjakan oleh Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBP) Jabar.

Selain itu tahap pertama direncanakan pengerjaan bagian depan jalan (frontage), dinding turap (sheet pile), relokasi saluran irigasi, drainase dan trotoar kemudian tahap kedua adalah pembangunan terowongan di bawah jalur kereta api.

” Mudah-memudahan dengan kerjasama kolaboratif ini, pembangunan Underpass Dewi Sartika dapat berjalan lancar. Dan nanti tidak ada penutupan jalan karena Dishub uda siapkan semua,” katanya.

Pada kesempatan tersebut ,Idris meminta perangkat daerah yang terkait pembangunan underpas tersebut secepatnya merancang kebijakan mengenai pengadaan tanah dan melakukan pematokan tanah yang akan dibebaskan.

” kaitan ini tidak hanya masalah kesepakatan waktu pekerjaan pembangunan saja, namun saya juga meminta hasil Detail Engineering Design (DED) juga segera dilakukan oleh PPD terkait,”tuturnya.