Pembangunan Rumah Sakit UI Depok Masuki Tahap Finishing

Posted on 4 views

DepokNews — Progres pembangunan Rumah Sakit Universita Indonesia saat ini telah memasuki tahap finishing* dimana bangunan telah selesai dan tengah menyelesaikan bagian interior Rumah Sakit.

Direktur Rumah Sakit UI Julianto Witjaksono kepada wartawan pada kegiatn seminar kesehatan di Kampus UI pada Kamis (20/4) mengatakan RSUI merupakan RS-PTN pertama di Indonesia yang mempunyai konsep dan rancang bangun sebagai fasilitas pelayanan kesehatan satu atap (One Stop Health Services), mulai dari pelayanan primer, sekunder hingga pelayanan unggulan.

Sebagai Rumah sakit pendidikan pertama di Indonesia yang mengakomodasi konsep patient safety serta berakreditasi internasional.

“Nantinya RSUI akan kami perankan
sebagai pengampu bagi rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kota Depok dan sekitarnya untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi”katanya.

Peraturan Pemerintah No. 93 Tahun 2015, Pasal 12, menyatakan bahwa Rumah Sakit Pendidikan Utama harus melaksanakan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier.

Maka dalam hal ini, RSUI sebagai Rumah Sakit Pendidikan ingin mengidentifikasi bagaimana model pelayanan kesehatan primer serta model tatalaksana dan pembiayaan JKN pada pelayanan kesehatan tingkat lanjut di RS Pendidikan.

Diharapkan Semiloka ini dapat menghasilkan Kisi-kisi Peraturan Menteri Kesehatan terkait petunjuk pelaksanaan pelayanan kesehatan primer di RS Pendidikan ; Kisi-kisi Peraturan Menteri Kesehatan tentang tata laksana dan pembiayaan JKN di pelayanan kesehatan tingkat lanjut di RS Pendidikan ; dan Kisi-kisi peraturan internal terkait organisasi dan manajemen RS Pendidikan.