Pembangunan Karakter dan Moral Anak Bangsa Menjadi Fokus Utama Pemkot Depok

Posted on

DepokNews- Walikota Depok Pradi Supriatna mengatakan tidak hanya pembangunan infrastruktur fisik saja, yang menjadi fokus utama pemkot Depok. Namun pembangunan non fisik seperti karakter dan juga moral juga menjadi tujuan utama pemerintah kota Depok.

Hal ini dapat direalisasikan Kota Depok melalui program unggulan, yakni ketahanan keluarga. Mencoba untuk bisa membentuk masyarakat kota yang memiliki karakter dan berbudi luhur baik. Khususnya mengenai kasus kekerasan terhadap anak-anak dibawah umur.

“Tidak hanya fisik, tapi moral juga. Dengan memiliki keluarga yang harmonis insya Allah angka kekerasan pada anak bisa menurun,” bebernya.

Dirinya juga meminta kepada para orang tua untuk bisa memberikan perhatian kepada anaknya dengan baik serta menjaga harmonisasi dalam keluarga juga dengan meluangkan waktu bagi anak. Dikatakannya bahwa anak memerlukan lingkungan yang positif yang dapat mendukung tumbuh kembangnya sehingga mereka memiliki jiwa yang sehat dan dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal.

“Lingkungan yang positif, aman, sejahtera, dan penuh cinta kasih akan terealisasi jika orang tua meluangkan waktu yang cukup dan berkualitas untuk anak-anaknya, dengan begitu karakter anak juga akan terbentuk dengan positif,” terangnya.

Selain itu, dirinya mengatakan bahwa pemerintah kota Depok juga terus melakukan koordinasi dengan pihak lain baik itu lembaga vertikal maupun swasta untuk bisa menjadikan Depok menjadi kota yang ramah bagi anak. Dukungan dari sejumlah pelaku usaha di Kota Depok sangat dibutuhkan, baik dalam penyediaan sarana dan prasarana, maupun dalam upaya pengembangan program layak anak.

“Kita upayakan agar swasta berpartisipasi, dengan menyiapkan ruang bermain anak yang bukan hanya sekedar ada, tapi harus layak. Begitu juga komunikasi dengan P2TP2A dan kepolisian jika terjadi kasus yang melibatkan anak,” pungkasnya.(mia)