Pembangunan Alun-alun Kota Tahap Pertama Ditargetkan Rampung Akhir 2018

DepokNews–Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok menargetkan pembangunan alun-alun kota tahap pertama rampung akhir tahun 2018. Hingga saat ini, pembangunan alun-alun kota sedang dalam tahap akhir perencanaan dan untuk pembangunan fisik akan dilakukan pada September mendatang.

“Alun-alun kota untuk sedang dalam tahap perencanaan, tetapi sudah mencapai tahap akhir. Rencananya dalam minggu ini berkas lelang fisiknya akan diajukan ke Bagian Layanan Pengadaan (BLP). Selanjutnya dilakukan pelelangan dan ditargetkan selesai lelang di pertengahan bulan Agustus,” tutur Kepala Bidang Tata Bangunan Disrumkim Kota Depok, Suwandi kepada depok.go.id, Senin (16/07).

Lebih lanjut, ucapnya, untuk tahap awal pembangunan alun-alun kota yang memiliki luas 3,6 hektar tersebut, akan dilakukan mulai September 2018. Dengan total anggaran untuk pembangunan tahap pertama sebesar Rp 32 miliar.

“Dengan kondisi lahan dan keterbatas anggaran kalau kami lihat dari sisi perencanaan belum maksimal. Untuk itu, pembangunan ini terdiri dari dua tahap, tahap pertama tahun ini dan tahap kedua tahun 2019,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, di tahap awal pembangunan alun-alun kota, terdapat beberapa infrastruktur yang akan menjadi prioritas.  Diantaranya pembangunan jalan, pembangunan gedung pengelolaan, pembenahan terhadap Sungai Cikumpa yang melintasi di sepanjang alun-alun kota, pembangunan lapangan basket, lapangan futsal, area gym, arena skateboard, arena sepeda BMX, toilet, dan taman.

“Kami harapkan di bulan Desember nanti beberapa fasilitas ini sudah bisa difungsikan. Tetapi kami tunggu instruksi selanjutnya dari Wali Kota Depok, apakah di bulan Desember nanti sudah bisa dibuka untuk umum atau tunggu sampai selesai semuanya,” tandasnya.

sumber: depok.go.id