DepokNews– Enampuluh orang siswa sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan mahasiswa yang bertempat tinggal di sekitar aliran Ciliwung Depok akan menjadi peserta Pelatihan Konservasi Sungai-Kelas Alam Ciliwung yang akan diselenggarakan Sabtu-Minggu, 30 Juni-1Juli besok di Dermaga Kota Kembang/ GDC.

Sepanjang Sabtu, 30 Juni besok peserta akan mendapatkan materi pengenalan sempadan, pengetahuan tentang konservasi termasuk pengamatan tanaman, penanganan ular sambil melakukan susur Ciliwung dengan jalan kaki di sisi sungai yang berada di kawasan kelurahan Depok, kecamatan Panmas dan kelurahan Tirtajaya, kecamatan Sukmajaya.

Pada Minggu, 1 Juli khusus peserta kelompok SMA/SMK-mahasiswa akan melakukan pengarungan sungai dengan perahu untuk mengamati kondisi lingkungan, fenomena alam sungai, mengunjungi dua buah Saung Pustaka Air (SPA) Cikambangan dan Ratujaya serta pabrik tahu yang beroperasi di sempadan Ciliwung.

Kegiatan Pelatihan Konservasi Sungai-Kelas Alam Ciliwung 2018 ini bertujuan untuk membangun perilaku dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya merawat sungai kepada masyarakat melalui siswa sekolah/ mahasiswa.

Komunitas Ciliwung Depok yang berdiri atas dasar keresahan semakin rusaknya ekosistem dan kondisi alam Ciliwung bagian Tengah di Depok ini mempunyai visi mempertahankan sempadan sungai sebagai wilayah konservasi karenanya dalam gerakannya selalu mengedepankan misi yaitu mengajak masyarakat, yang wilayahnya berada di aliran Ciliwung utk menjaga dan merawat Ciliwung.