Depok, Minggu (29/12) telah dilaksanakan acara pelantikan dan prosesi penyerahan Surat Keputusan dari Perwakilan Pimpinan Pusat Pertahanan ideologi Sarekat Islam disingkat PP PERISAI. Pada acara yang diselenggarkan di Gedung Pemuda Depok, penyerahan SK, pengambilan Sumpah Syarikat Islam dan Pengikraran untuk pengurus Pimpinan Cabang (PC) PERISAI Depok diwakili oleh Sekretaris Jenderal PP PERISAI yakni, Harjono. Kemudian, dengan dilaksanakan acara tersebut, maka telah dimulai masa kepengurusan PC PERISAI Depok periode 2020-2023 yang akan dipimpin oleh Muhammad Djody Satriani.

Proses Ini bukanlah proses instan, karena PERISAI PC Depok memulai pembentukan pengurus dari nol. Dimulai dari Penyerahan Mandat hingga Musyawarah Cabang. Hal ini disebabkan karena sebelumnya PERISAI PC Depok telah lama vakum di Depok. Selanjutnya, acara pelantikan ini dimulai pukul 13.50 WIB yang dibuka oleh Master of Ceremony sekaligus Bendahara PERISAI PC Depok, Ivan Helmi Sahib. Acara dimulai dengan membaca basmallah, dilanjutkan dengan tilawah yang dibacakan oleh Sekretaris Cabang PERISAI Depok, Azhar Assisiqi Nur Sarip. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan sambutan pertama yang disampaikan oleh Sekjend PP PERISAI, Harjono.

Pada kesempatan ini, Harjono menyampaikan tentang napak tilas Syarikat Islam dan Perisai, ia juga menambahkan bahwa bagi PERISAI menjaga Syarikat Islam dari pihak-pihak luar sangatlah penting. “Islam adalah wujud sosialisme mengapa masih berkiblat pada sosialisme barat?” Ujarnya. Setelah itu sambutan dilanjutkan oleh Perwakilan Kodim 0508 Depok yang diwakili oleh Komandan Rayon Militer disingkat Koramil Pancoran Mas, Kapten Inf Suwanto, beliau memberikan pesan positif dengan kehadiran PERISAI di Depok. Setelahnya ia menambahkan bahwa pentingnya sinergi antara masyarakat, TNI-Polri, dan Pemerintah. Terakhir ia berpesan semoga PERISAI Cabang Depok dapat memberikan hal yang positif untuk kemajuan Depok. “Kita berharap ini adalah energi baru” -pungkas pria berpangkat perwira itu

Terakhir sambutan dari Ketua Cabang PERISAI Depok, pada kesempatannya beliau menyampaikan bahwa tema acara hari ini tentang Kaum Syarikat Islam memandang Tensi Geopolitik dan Blok dagang Regional Comprehensive Economic Partnership. Ia menyampaikan bahwa pemuda sudah tidak perlu lagi terjebak didalam isu-isu sektoral atau pragmatik yang sangat syarat kepentingan elitis. Lanjutnya kaum syarikat islam muda harusnya fokus pada pengembangan daya saing manusia. “Menurut World Economic Forum 2019 Indonesia berada diurutan 50 dunia untuk urusan daya saing global” katanya dengan gestur khasnya.

Lanjut PERISAI Cabang Depok akan menernakan para insan intelektual dengan cara mengkampanyekan budaya literasi ditambah memproduksi ruang-ruang baca yang sudah banyak hanya tinggal diaktivasi dikemudian hari. “Dalam langkah dekat PERISAI akan buat gebrakan baru, energi baru kota Depok” pungkasnya. Kemudian acara dilanjutkan pelantikan yang dipimpin Sekjend PP PERISAI dengan khidmat dan tanpa halangan berarti. Setelahnya acara diakhiri doa oleh Wakil Ketua Cabang Suryadi, dan ditutup Master OF Ceremony