DepokNews–Sahabat Edukasi Lingkungan (Saheduling) Selasa, 31/03/20] Ditengah merebaknya penyebaran wabah Novel Corona virus/ Covid-19, dan masih banyaknya masyarakat yang beraktivitas di tempat-tempat umum seperti bank, pasar, rumah sakit dan tempat umum lainnya. Sehingga penyebaran virus corona akan semakin massif. agar terhindar dari penularan virus ini. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan masing-masing dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

Di beberapa tempat memang sudah ada yang memasang ruang penyemprotan disinfektan tetapi jumlahnya masih sangat sedikit dikarenakan harga disinfectant chamber atau ruangan penyemprotan disinfektan ini , masih sangat mahal, harganya mulai dari 20 juta sampai dengan 70 juta rupiah. Padahal hal ini harus ada pada tempat-tempat umum untuk menekan penyebaran virus corona yang menempel pada benda-benda mati, sehingga di perlukan sterilisasi.

Sahabat edukasi lingkungan, baru-baru ini membuat ruangan penyemprotan disinfektan yang disebut “Disinfektan box portable”. Produk ini merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh yayasan sahabat edukasi lingkungan dan dalam rangkaian program “bersatu mencegah penyebaran Virus corona”


Ketua Saheduling, Abdullah Gojali, Disinfektan box portable ini dibuat hasil kerjasama dengan PT. Ipal Teknik Solusi, yang mengagas bilik disinfektan dengan harga yang murah sekitar 5 juta rupiah, jauh lebih murah dari vendor pembuatan bilik disinfektan lainnya yang harganya puluhan juta. Selain itu disinfektan box portable ini dapat dibongkar pasang oleh siapapun dan juga sangat mudah dipindahkan dan dapat digunakan kembali jika diperlukan lagi.
Dia juga meminta masyarakat tetap berada di rumah mengikuti anjuran pemerintah. Bila terpaksa dan mendesak harus keluar rumah, ikuti protokol yang ditetapkan pemerintah dan membersihkan diri dengan disinfektan melalui bilik sterilisasi.


Menurutnya, ini produk yang sangat baik. Artinya produk ini sangat baik bila diperbanyak dan ditempatkan di tempat-tempat umum terutama karena dapat menekan penyebaran virus corona dan sterilisasi di wilayah atau tempat tempat umum.
Gojali pun berharap dengan adanya disinfektan box portable seluruh elemen masyarakat dapat dengan mudah dalam mengadakan alat bilik disinfektan, tanpa perlu bingung lagi mengenai harga, Ukuran Gambar, atau bahkan tempat menaruhnya. Karena sudah tersedia dan dapat dibongkar pasang jika mau dipindahkan ke tempat yg jauh ataupun mau disimpan ketika sudah tidak tidak dipakai kembali
Direktur Utama PT. Ipal Teknik Solusi, Masduki, menambahkan bahwa pihaknya sangat mensupport program ini, sebagai langkah aktif terhadap antisipasi penyebaran Covid-19 bagi masyarakat. Dan juga memudahka masyarakat untuk memilikinya agar makin banyak bilik disinfektan atau disinfektan box portable, makin banyak pula tempat layanan public dan area public yang steril dari virus. “Kami mengajak masyarakat berpartisipasi untuk menyediakan 1.000 bilik sterilisasi,” jelas Masduki


Gojali menambahkan disinfektan box portable tersebut bisa berjalan atas bantuan dari para donatur , sponshor dan Netizen.
“Program program ini akan berkolaborasi dengan semua pihak yang ingin berkontribusi dan juga ikut sama-sama mencegah penyebaran virus corona covid19.” pungkasnya.
Bagi masyarakat yang akan ikut kontribusi bisa donasi dengan tranfer ke rekening :
Rek. BRI Syariah a.n Yayasan Sahabat Edukasi Lingkungan No. 104.683.2341, Konfirmasi Transfer ke WA 085695565242 Abdullah Gojali