Peduli Lingkungan, Zakat Sukses Bagikan Tempat Sampah di SDI Ramah Anak

Posted on 11 views

Depoknews — Kiprah Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses di masyarakat makin luas, banyak program telah diluncurukan untuk membantu dan memberdayakan masyarakat.

Salah satu program LAZ Zakat Sukses yaitu Sahabat Zakat Suksses Peduli Lingkungan. Wujud dari program ini Zakat Sukses memberikan tempat sampah dalam perset ada tempat sampah organik dan anorganik, sekaligus memberikan edukasi ke para siswa agar punya kesadaran sejak dini untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sekolah Dasar Islam (SDI) Ramah Anak salah satu sekolah yang sudah menerima tampat sampah dari Zakat Sukses. Serah terima tempat sampah tersebut dilakukan di SDI Ramah Anak Depok, Senin (20/2/2017).

Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli mengatakan, Zakat Sukses menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah melalui kencleng infak dan penggunaan dana yang terkumpul sebagian untuk menjalankan program-program Zakat Sukses yang bersinergi dengan program sekolah.

“Makna dari kencleng Zakat Sukses sebenarnya bukan nilai rupiahnya, namun edukasi ke para siswa agar sejak dini mempunyai kebiasaan berinfak atau bersedekah. Program ini kita namakan Berseri atau berbagi setiap hari. Adapun manfaat dari program ini sebagian juga untuk mengadakan program Zakat Sukses di sekolah tersebut, seperti di SDI Ramah Anak ini, kita memberikan bak sampah dan sekaligus kami berikan edukasi ke para siswa,” katanya.

Sedangkan Wakil Kepala SDI Ramah Anak bidang kesiswaan Asep Permana Saputra menyambut baik program-program Zakat Sukses di SDI Ramah Anak.

“Zakat Sukses, LAZ yang dikelola secara profesional, akuntabilitas dan transparansi dalam laporan keuangan, manfaat program-programnya banyak dirasakan masyarakat, sehingga kami menyambut baik kerjasama ini,” kata Asep Permana.

Menurut Asep Permana, dari kncleng infaq Zakat Sukses yang berjumlah 450, dalam sebulan bisa terkumpul infaq antara 8 sampai 9 juta.

“Saya selalu memberikan motifasi kepada anak-anak keutamaan bersedekah, semoga anak didik kami mulai kecil hingga besar nanti akan menjadi orang-orang yang dermawan. Manfaat sedekah sangat besar baik untuk masyarakat maupun untuk yang bersedekah. Dengan bersedekah Allah SWT akan memberikan keberkahan, memberikan keluasan rejeki,” tambah Asep Permana.

Program kerjasama Zakat Sukses dengan SDI Ramah Anak dalam pemberian tempat sampah juga mendapat apresiasi dari Wali Murid, Sherry salah satu Wali Murid yang juga ketua PMOG mengatakan, program tersebut sangat bagus.

“Kami di PMOG juga ada program Bank Sampah meski saat ini masih mencari cara yang tepat dan efektif supaya program ini bisa berjalan,” kata Sherry.