PDM Academy 2 Dilaksanakan di Depok dengan Menghadirkan 60 Putra Daerah dari Indonesia Barat

Posted on 1,460 views

DepokNews– PDM Academy adalah sebuah pelatihan untuk para putra daerah yang siap menyisihkan waktu dan tenaga untuk membangun daerah melalui beragam karya, baik bisnis maupun pemberdayaan masyarakat. Dengan mengusung tema “Membangun Indonesia dari Daerah”, pelatihan angkatan kedua ini digelar pada 7-9 November 2018 di Hotel Santika, Depok, Jawa Barat. Agenda tersebut dihadiri oleh 60 orang peserta yang merupakan para co-founder organisasi putra daerah di wilayah Indonesia bagian barat yang tersebar dari Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Sebelumnya, PDM Academy pertama kali dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan dengan 20 peserta dari wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Agenda dibuka dengan sesi welcoming night dan gala dinner. Dalam sesi tersebut turut menghadirkan Dongchan Kim (Director of UN-Habitat Youth Asia), Rina Fatimah (NICE Indonesia), Aqil Wilda Arief (Manager Program Rumah Kepemimpinan), dan Goris Mustaqim (Inisiator Forum Putra Daerah Membangun).

Goris Mustaqim menjelaskan tentang bagaimana proses berdirinya Putra Daerah Membangun (PDM) dan bagaimana forum ini berdampak positif kepada masyarakat. PDM dibentuk atas dasar keresahan para putra-putri daerah yang melihat bahwa pembangunan terlalu berpusat di kota-kota besar saja. Dalam sambutannya, Dongchan Kim mengatakan bahwa program ini sangat positif. Melalui pelatihan tersebut para pemuda akan memperoleh pemahaman dan menambah wawasan tentang potensi diri mereka untuk menghadapi dan menyikapi situasi serta masa depan yang penuh tantangan di era global ini. Program ini merupakan hal yang perlu dikembangkan lebih lanjut dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan proposal terbaik sehingga bisa berkolaborasi dengan UN-Habitat Youth di kemudian hari.

Rina Farimah sebagai salah satu perwakilan NICE (NAMA Integrated Centre of Excellent) Indonesia, sebuah  institusi yang menjadi kepanjangan tangan dari NAMA Foundation menyampaikan bahwa NICE Indonesia adalah salah satu lembaga yang turut mendukung pembangunan daerah melalui program-program yang dikembangkan oleh putra daerah. Acara penyambutan ditutup dengan sambutan dari Aqil Wilda yang menjelaskan tentang Rumah Kepemimpinan yang merupakan institusi yang sangat berfokus di bidang kepemudaan. Sehingga sangat berbangga saat mendapatkan kesempatan untuk menyambung kolaborasi dengan PDM melalui para alumni Rumah Kepemimpinan yang terlibat di dalamnya.

PDM Academy merupakan pelatihan yang mendapatkan pendanaan secara penuh dari NAMA Foundation. NAMA Foundation adalah institusi dari timur tengah yang berfokus pada pemberdayaan NGO dan sektor pendidikan di 5 negara, salah satunya Indonesia. Rumah Kepemimpinan telah menjadi salah satu local partner dari NAMA Foundation di Indonesia untuk dapat melaksanakan PDM Academy di tahun 2018. (RYA, 7/10)