Depok-Sebagai Kota Religius warga Kota Depok menyambut suka cita peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dengan penuh khusyuk warga Depok menjalankan tradisi agama di masjid-masjid, mushola dalam menyemarakkan hari kelahiran Nabi Muhammad. Hal itu dibenarkan Ketua PCNU Kota Depok Ust. Ahmad Solechan. “Momentum ini untuk mengingat panutan dan junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Meneladani keagungan akhlak dan kepribadiannya,”seusai peringatan Maulid dan pelantikan Ranting NU Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan.

Secara khusus, dirinya berharap melalui peringatan Maulid ini, semoga warga NU semakin solid, mendapat keberkahan dalam hidup, mengikuti Nabi dan berbahagia dunia akhirat. Bagi Bangsa Indonesia, Peringatan Maulid Nabi membuktikan Indonesia Negara yang religius. “Indonesia menjadi barometer Negara dunia dalam menghormati dan meneladani Nabi Muhammad. Semoga Bangsa Indonesia mendapat keberkahan dari peringatan maulid. Mampu meneladani kepemimpinan Nabi, menjadi negeri yang adil, tenteram, sejahtera dan makmur,”harapanya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris PCNU Kota Depok Ust. Ahmad Furqon dengan maulid menjadikan Nabi sebagai contoh terbaik dalam bertingkahlaku dan berprilaku. Pasalnya, Nabi diutus sebagai rahmat bagi seluruh alam dan teladan terbaik. “Nabi menjadi contoh terbaik dalam segala hal, dalam segala tingkahlaku, dalam sikap, dan segala hal yang kehidupan kita sebagai manusia,”paparnya.

Furqon menuturkan momentum Maulid sebagai pelajaran bagi bangsa Indonesia dalam meneladani Nabi dalam menjalankan dakwahnya. Yaitu: untuk seluruh alam dan semua umat manusia. “Kita berharap dengan peringatan ini mampu membawa manusia Indonesia menjadi manusia seutuhnya, sebagai hamba Allah, sebagai bagian dari mahluk yang ada muka bumi ini, sebagai mahluk yang membawa cahaya dari risalah kenabian yang telah dibawa oleh seorang manusia agung, “paparnya.

Peringatan Maulid Nabi banyak diselenggarakan di masjid-masjid dan mushola di Depok. Sudah menjadi tradisi, acara dimulai dengan dzikir, pembacaan maulid dan tausiyah. Seusai acara biasanya dengan makan nasi tumpeng, kebuli, paros atau berkat. Sementara itu, PCNU Depok bersamaan dengan peringatan maulid juga melantik pengurus Ranting Kedaung dan Tirta Jaya, Sukma Jaya.