DepokNews–Kontingen Kafilah Beji menurunkan sekitar 350 peserta pada kegiatan pawai taaruf pembukaan  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX Tingkat Kota Depok di Kecamatan Cimanggis pada Rabu (21/11).

Camat Beji, Ues Suryadi kepada wartawan mengatakan jumlah 350 peserta merupakan perwakilan dari seluruh unsur yang merupakan murni warga Kecamatan Beji.

“Dalam pawai ini, kami mengikutsertakan seluruh stakeholder. Salah satunya, anggota TP PKK Kecamatan Beji, maupun kelurahan, Karang Taruna, perwakilan pelajar se-Kecamatan Beji, dan komunitas yang diwadahi oleh Kecamatan Beji,” ujarnya.

Tak hanya memeriahkan pawai saja, Kecamatan Beji juga berpartisipasi dengan menyiapkan peserta lomba MTQ dengan berbagai kategori.

Sebanyak 34 qari atau qariah telah dipersiapakan mewakili enam kelurahan di Kecamatan Beji tersebut.

“Dalam mempersiapakn MTQ tahun ini, kami rutin melakukan pembinaan, yang melibatkan seluruh stakeholder di bidang keagamaan. Untuk persiapan pawai, kami membebaskan para panitia untuk berkreativitas,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, tidak ada target dalam perlombaan kali ini. Tetapi, pihaknya sudah mempersiapkan semaksimal mungkin. Termasuk dari segi pembinaan yang diambil dari warga Beji langsung.

“Insya Allah, harapan kami salah seorang peserta dapat menjadi juara. Sebab, persiapan kami sudah cukup matang,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna berpesan kepada semua kafilah MTQ Kota Depok untuk terus menanamkan semangat mengikuti serangkaian acara dan perlombaan.

Tentu juga terus menekankan nilai keimanan, mengingat perlombaan yang diadakan guna mempererat ukhuwah Islamiyah.

“Harus terus menanamkan semangat yang tinggi hingga pelaksanaan selesai nanti,”katanya.

Dirinya juga mengapresiasi semua elemen pelaksana dan warga yang terlibat di dalam MTQ Tingkat Kota.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ merupakan sarana untuk mencari bibit yang unggul dalam bidang keagamaan.

Terakhir, dirinya mengharapkan, melalui pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Depok, masyarakat dapat meningkatkan pemahaman dalam membaca Alquran.

Dengan begitu, masyarakat dapat mendukung terwujudnya Depok sebagai kota yang religius.

Untuk diketahui, pawai taaruf MTQ Kota Depok ini diikuti oleh perwakilan 11 kecamatan di Kota Depok.

Dimulai dari kafilah Kecamatan Sawangan dan diakhiri oleh tuan rumah pelaksanaan MTQ yaitu Kecamatan Cimanggis.