( Salah Satu Peserta Didik sedang mengerjakan soal dari rumah saat diberi tugas fia online oleh guru. Rabu (18/3/2020).

DepokNews– Tak mau ketinggalan waktu belajar setelah adanya surat himbauan Dinas Pendidikan untuk meliburkan sekolah selama 2 Pekan, SDN Cilangkap 5 tetap menjalankan belajar mengajar dengan menggunakan metode classroom dan via group watchap

Salah satu guru SDN 5 Cilangkap, Sumarni, S.Pd mengatakan libur dua pekan ini pihaknya menggunakan pembelajaran onLine dengan menggunakan aplikasi google Classroom dan via WA grup juga.

“Untuk saya dan kebanyakan teman-teman di sekolah kami khususnya untuk kelas atas 4, 5, 6 kami gunakan google Classroom,”ujarnya.

Dikatakan Sumarni semua peserta didik khusus kelas 4,5,6 wajib mengunduh aplikasi google Classroom. Setelah mengunduh para guru memberikan materi serta soal-soal untuk dikerjakan oleh peserta didik di rumah dengan didampingi oleh orangtua.

” Sebenarnya metode ini kami sudah gunakan satu tahun lalu, untuk memotivasi kegiatan pembelajaran siswa di rumah dan akhirnya sangat berguna sekali ketika adanya perlakuan lockdown oleh pemerintah,”ujarnya.

Untuk proses pembelajaran lanjutnya yaitu dimulai pukul 08.00 wib pagi dengan bmemberikan materi dan soal. Setelah para siswa menyetor semua hasil pekerjaannya pada aplikasi tersebut paling lambat pukul 12.00 wib

“Kami mengoreksi dan langsung memberikan skor kepada peserta didik,”ujarnya.

Selain dengan aplikasi Google Clasroom pihaknya juga menggunakan grup WA untuk memberikan materi serta soal latihan kepada peserta didik.

” Jadi pada grup WA terserbut para peserta didik menyetorkan foto saat mereka belajar di rumah dan menyetor hasil pekerjaan mereka via japri ke kontak gurunya masing-masing agar teman-teman yang lain tidak menyontek hasil pekerjaannya,” tuturnya.