Pasien BPJS Dapat Layanan Cuci Darah di Tengah Wabah Korona

DepokNews–Suwarjan warga Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji merasa senang dan lega karena bisa mendapatkan pelayanan Rumah Sakit dengan baik dan sempurna

Suwarjan Kepada wartawan mengatakan dirinya merupakan pasien BPJS awalnya dia dianogsa gagal ginjal diberikang pelayanan dan perawatan dengan baik dalam situasi wabah korona

“Awalnya kami bingung karena dimasa pandemi virus Covid 19 rasanya sulit mendapatkan pelayanan “katanya.

Namun dirinya merasa lega karena ada pihak Rumah Sakit yang merawat dirinya dengan baik.

Dia menambahkan bagi penderita gagal ginjal jangan putus asa karena pemerintah saat ini telah menanggung penuh biaya cuci darah pasien gagal ginjal bagi para peserta Jaminan Kartu Indoneaia Sehat (JKN-KIS) atau BPJS.

“Memang cuci darah menjadi pilihan terakhir dan bagi penderita gagal ginjal bisa sembuh tentunya mengilkuti anjuran dokter dari pola makan,”katanya.

Saat ini kondisinya sudah mulai membaik dan dia disarankan oleh dokter Rumah Sakit Hermina untuk melakukan cuci darah seminggu dua kali.

“Kami berharap dapat melakukan cuci darah di Rumah Sakit hermina setelah cuci darah pertama kalinya karena pelayanan dan perawatan Rumah Sakit Hermina Depok sangat baik dan profesional,”katanya.

Cuci darah atau hemodialisa menjadi prosedur khusus bagi para pasien gagal ginjal dan merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan karena ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan.

Sebagai seorang pasien cuci darah, dia pun berpesan kepada pasien cuci darah lainnya agar dapat menerima dengan ikhlas.

“Kita tidak perlu banyak pikiran serta tidak boleh putus asa dengan kondisi kesehatan yang dialami. Memang tidak bisa dipungkiri, kadang ada rasa lelah. Tapi kalau saya, yang saya ingat adalah keluarga. Itu jadi semangat buat saya untuk terus bertahan menjalani cuci darah ini,” ungkapnya.

Suwarjan berharap pelayanan dan perwatan khusus utk penderita gagal ginjal dengan mengunakan JKN KIS – BPJS kedepan yang sudah baik ditingkatatkan dan perbanyak slot untuk Hemodialisis atau cuci darah di Rumah Sakit Hermina Depok karena masih banyak pasein gagal ginjal sangat membutuhkan hemodialisis atau cuci darah.