DepokNews–Sukmajaya, 28 Februari 2021. Bertempat di kantor DPC PKS Sukmajaya, Ketua DPC terpilih yang baru saja dilantik M.Nur Hidayat, S.Pd pada hari pertama langsung bekerja menerima praktisi Lembaga Analisis Ekonomi Politik dan Kebijakan Publik (Institute for Economics Politics and Publics Policy Analysis) LANSKAP Indonesia Agung Warsono (Co Founder and Executive Director).

Kunjungan yang dimaksud dalam rangka melakukan kerjasama untuk meningkatkan peran partai politik di tingkat lokal (baik propinsi maupun kabupaten/kota) dalam membantu percepatan pelaksanaan Peraturan Daerah terkait lingkungan hidup.

Isu lingkungan hidup dipilih karena merupakan isu yang dihadapi oleh hampir semua daerah di Indonesia, merupakan isu global, mendorong pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim (climate change) yang akan dibahas dalam 2021 United Nations Climate Change Conference (COP26) di Glasgow, Scotland pada November tahun ini.

DPC PKS Sukmajaya sangat menyambut baik kerjasama ini, sebagai partai pemenang dan pengusung kepala daerah kota Depok, PKS merasa wajib mendukung Perda yang sudah ada melalui proses legislasi dan menyikapi pelaksanaan perda tersebut di lapangan.

“Kami pengurus dan seluruh kader PKS Kecamatan Sukmajaya menyambut baik penuh semangat program kerjsama in,” kata M.Nur Hidayat.

LANSKAP Indonesia memutuskan memilih 4 partai politik di tingkat propinsi, atau kabupaten/kota untuk melakukan riset, selain PKS di Kota Depok, ada PDIP di Kota Surabaya, PPP di Kabupaten Bogor dan PKB di kabupaten Maros Sulsel, pertemuan kemarin merupakan tahap awal persiapan, langkah selanjutnya akan mengadakan kegiatan dialog kebijakan bersama Dinas terkait (DLHK) untuk membahas Perda dan isu lingkungan yang relevan. LANSKAP Indonesia akan mengundang salahsatu Anggota DPRD Komisi C dari FPKS yang membidangi lingkungan hidup.

Terkait dengan lingkungan hidup ini, Depok memiliki Perda Kota Depok No. 3 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Kota Hijau. dalam riset ini, fokus kegiatan program pada sosialisasi perda, advokasi kebijakan turunan (Peraturan Walikota yang relevan), dan Percontohan pengelolaan sampah ramah lingkungan di perumahan. Output dari program kerjasama ini adalah apabila dirasa bahwa Perda dan fokus program tersebut relevan dengan isu yang dihadapi maka dapat dilaksanakan. Apabila isu lingkungan hidup yang disepakati dalam program ini ternyata berbeda, maka program ini dapat mengangkat isu lain yang disepakati antara Partai Politik dan Dinas Lingkungan Hidup setempat, sebagai pilot project tim DPC PKS sudah menunjuk Tri Winarno, ST (Ketua Ranting PKS Tirtajaya) sebagai pimpro riset ini di lapangan