DepokNews–Dua dari tiga nominasi yang ikut serta Pada lomba lomba Pasar Rakyat tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2019 berhasil keluar menjadi juara II kategori kategori komitmen pemerintah dalam pengelolaan pasar rakyat dan kategori pasar kecil.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, Kania Parwanti usai menerima penghargaan tersebut di lapangan Balai Kota, Senin (2/12).

“Sebetulnya, kita masuk dalam tiga nominasi yaitu pasar besar, pasar kecil, dan komitmen
pemerintah, tetapi hanya dua yang berhasil jadi juara,” katanya.

Sementara yang berhasil meraih juara tersebut, kata Kania, adalah pasar Tugu Cimanggis dengan raihan juara II kategori komitmen pemerintah dalam pengelolaan pasar rakyat dan juara II kategori pasar kecil.

“Pemerintah Kota Depok berhasil meraih dua penghargaan pada lomba Pasar Rakyat tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2019. Kedua penghargaan tersebut yaitu juara II kategori komitmen pemerintah dalam pengelolaan pasar rakyat dan juara II kategori pasar kecil yang diraih oleh Pasar Tugu, Cimanggis.” tuturnya.

Penghargaan tersebut, lanjut Kania, merupakan salah satu bukti bahwa Pemerintah Kota Depok fokus terhadap pengelolaan pasar rakyat, terutama dalam pemberdayaan dan perhatian pada usaha mikro.

Jadi, dalam lomba tersebut ada beberapa poin yang dinilai, antaralain, target-target pasar hingga upaya kita dalam mengkombinasikan antara pasar sebagai pusat perekonomian dan wisata guna meningkatkan persaingan dan Pasar Tugu dinilai sudah memenuhinya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Tugu, Ikhwan Suryadin menambahkan, ada berbagai keunggulan yang dimiliki oleh pasar tugu ini, antara lain, adanya klinik kesehatan, arena bermain anak, ruang laktasi, area merokok, hingga sarana olahraga.

“Dengan raihan penghargaan ini, Pasar Tugu juga masuk ke dalam program Pemerintah Provinsi Jabar khususnya terkait sertifikasi pasar tradisional menjadi pasar SNI,”katanya.