DepokNews-Dalam verifikasi faktual yang dilaksanakan KPU Kota Depok, hanya Partai Bulan Bintang (PBB) saja yang tidak lolos atau tidak memenuhi syarat (MS) dari dari 16 partai politik yang ada di Kota Depok. Hal ini diungkapkan setelah dilakukan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat sebagai peserta Pemilu tahun 2019 mendatang.
Ketua KPU Depok Titik Nurhayati mengakui, hanya PBB saja yang tidak lolos Verfak. Kemungkinan adanya pergantian kepengurusan serta persyaratan MS untuk provinsinya 75 persen, seharusnya di propinsi 100 persen, tapi mungkin nanti bisa dilihat di Provinsi Jawa Barat pada tanggal 11 Februari 2018 dan nasional yang akan ditetapkan sekitar 18 Pebruari 2018 mendatang.
“Dari semua memang PBB yang belum MS,” ujar Titik.
Dari hasil rekpitulasi 16 partai politik di Kota Depok memang masih ada pula partai yang tertulis tidak memenuhi syarat. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti yang bersangkutan tidak bersedia menjadi anggota parpol, tidak menunjukkan e-KTP, ketidaksesuaian antara e-KTP dan KTA serta diduga masih ada yang berstatus TNI/Polri.Menurut Titik, semua parpol yang ada sudah dilakukan pendataan sehingga yang dinyatakan lolos fervak tentunya mencapai 100 persen dengan tujuh kategori penilaian termasuk TNI/Polri.

“Tapi yang terakhir ini kebanyakan tidak sesuai bukan karena administrasi, namun yang bersangkutan tidak bersedia menjadi anggota partai politik,” tandasnya.(mia)