DepokNews–Pada bulan September 2020 lalu, diadakan Festival Literasi Sekolah (FLS) tingkat Kota Depok secara daring. Salah satu keterampilan yang dilombakan dalam FLS Kota Depok tersebut ialah menulis pantun.

Tema dalam penulisan pantun tersebut ialah 18 Nilai Pendidikan Karakter, di mana seluruh peserta harus menuliskan 18 pantun dan membacakannya dengan ekspresi serta lafal yang tepat dan salah satunya ialah pantun peduli sosial seperti di bawah ini:
Liat komedi jadi hiburan
Hiburannya bikin ketawa sama-sama
Ayo kita bergandeng tangan
Untuk bisa saling bantu sesama

SMP Ar-Ridha Al Salaam yang diwakili oleh Izzat Achmad Tahtian berhasil masuk 10 besar pantun terbaik FLS Kota Depok yang suratnya resmi dikeluarkan pada September lalu oleh Dinas Pendidikan Kota Depok.

Sejalan dengan hal tersebut, tentunya menjadi sebuah kebanggan karena ternyata di Paris, Perancis, pada penghujung tahun 2020, UNESCO menetapkan pantun sebagai warisan dunia takbenda.

Sebagai warisan yang sudah diakui dunia, tentunya pantun harus dilestarikan karena selain sebagai alat komunikasi sosial, isi pantun juga memberikan pesan moral yang penting dalam kehidupan sehari-hari.