DepokNews — Pemerintah Kota Depok memastikan para pemudik yang akan melaksanakan rapid tes usai kembali dari kampung halaman dilakukan secara gratis. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) saat menyambangi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kemiri Muka.

“Meskipun pelarangan mudik lebaran 2021 diberlakukan oleh pemerintah, namun masih ada saja cara masyarakat menemui keluarganya di kampung halaman. Maka, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mendata dan melakukan tes COVID-19 kepada warga yang kembali dari mudik,” kata Imam kemarin.

Dijelaskan Imam proses pelaksanaan tes Covid-19 ini di 11 kecamatan tanpa dipungut biaya.

“Kita berharap Covid-19 di Kota Depok terus menurun. Tidak ada penyebaran Covid-19 pasca mudik lebaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Kemiri Muka, Hilma Handayani menuturkan, warga yang menjalani rapid test antigen ini berdasarkan data dari RT-RW, kelurahan dan pihak kecamatan.

Hingga kini total ada 42 warga yang menjalani tes Covid-19 tersebut. Yakni 11 warga pada Selasa (18/05) dan 31 warga pada Kamis (20/05).

“Alhamdulillah, hasilnya non reaktif semuanya. Beberapa warga di sini juga sudah banyak yang mandiri melakukan pemeriksaan Covid-19 sebelum kembali ke Depok,” jelasnya

Ia menambahkan, pelaksanaan rapid test antigen dilakukan pada hari Selasa dan Kamis. Sebab, ujarnya, sudah ada jadwal yang ditetapkan untuk puskesmas di Kecamatan Beji.

“Kami menyiapkan enam petugas yang melakukan pemeriksaan antigen ini. Pelaksanaannya dimulai pukul 10.00-12.00 WIB,” tutupnya.