DepokNews–Ditengah merebaknya penyebaran wabah covid 19, yang berlangsung beberapa bulan. banyak perusahaan tutup dan juga aktivitas masyarakat yang terbatasi dengan penutupan sementara. Sehingga masyarakat merasakan keadaan perekonomian yang kurang baik. Sehingga banyak juga masyarakat yang mulai mencoba untuk berwirausaha untuk memenuhi kebutuhannya dan menambah penghasilannya.
Ditengah situasi Pandemi Covid-19 dan kesulitan ini, Yayasan sahabat Edukasi Lingkungan (Saheduling) bagi-bagi hadiah kepada masyarakat yang mengikuti program minyak jelantah bawa berkah. Program ini memang belum lama diadakan tetapi program ini sudah memberikan buktinya ke masyarakat dengan memberikan hadiah 500 rb kepada 2 orang ibu rumah tangga yaitu Ibu Sri kustini dan Ibu rasinah yang bertempat tinggal di sukmajaya depok.

Ketika diwawancarai, Ibu Rasinah menyatakan kebahagiannya ketika mendapatkan hadiah sebesar 250 ribu dan minyak goreng 2 liter, awalnya tidak percaya karena ia juga mengumpulkan minyak jelantah baru 1 liter yang disetorkan ke kordinator pengumpulan minyak jelantah yang ada dilingkungannya.ia sungguh senang karena hadiah yang didapatkan dapat membantu kebutuhan hidup bu rasinah dan keluarga.

Selain itu kami juga mewawancarai ibu sri kustini, beliau mengatakan sangat bahagia karena bukan hanya mendapatkan hadiah uang dan minyak, tetapi yayasan sahabat edukasi lingkungan pun memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat khususnya anak-anak untuk membuat lilin dari minyak jelantah, semoga program minyak jelantah bawa berkah yang dibuat oleh yayasan sahabat edukasi lingkungan dapat juga berkembang diseluruh kota diindonesia, agar masyarakat merasakan manfaatnya dan mempunyai kesadaran dalam menngelola limbahnya khususmya minyak jelantah.

Ketua Yayasan Sahabat edukasi lingkungan, Abdullah Gojali, program minyak jelantah bawa berkah ini dibuat untuk memecahkan masalah lingkungan, karena selama ini minyak jelantah yang ada, hanya segmen industry yang terambil khususnya industry rumah makan. Sedangkan minyak jelantah yang dihasilkan oleh rumah tangga belum banyak pihak yang bisa mengambilnya, karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengumpulkannya, dan masyarakat lebih sering membuangnya kesaluran air. Selain itu program ini juga ditujukan untuk membantu masyarakat, yang sekarang sedang merasakan keadaan yang sulit dalam perekonomian. Karena dengan melakukan program ini masyarakat banyak mendapatkan keuntungan mulai dari edukasi, materil , maupun jaringan, kedepannya masyarakat yang memiliki produk dapat juga dipasarkan melalui jaringan kordinator yang sudah ada disetiap wilayah.

Menurutnya, program minyak jelantah bawa berkah ini sudah melewati kajian dan survey yang disebar melalui media social, sehingga program ini sudah mengetahui cara agar masyarakat dapat tertarik mengumpulkan minyak jelantah, dan mengetahui kekurangan hal apa saja yang selama ini ada di program minyak jelantah yang telah banyak dimasyarakat. Program minyak jelantah bawa berkah ini hampir sama dengan dengan program minyak jelantah lainnya, minyak yang disetorkan diganti dengan uang, hanya saja masyarakat dapat memilih untuk ditabungkan atau disedekahkan. Selain itu agar masyarakat tertarik dan semangat mengumpulkannya masyarakat diberikan hadiah berupa uang 250 ribu yang diberikan secara bergantian, sehingga semua member akan mendapatkannya.untuk hadiah uang, yayasan sahabat edukasi lingkungan utamakan mereka yang rajin setelah itu baru diundi dan masyarakat pun tidak dibebani apapun.
Selain uang 250 ribu, program ini juga memberikan minyak goreng 2 liter dan ini sudah dibagikan 18 warga. Dengan pengumpulan minyak jelantah banyak hal yang terbantu mulai dari lingkungan sampai dengan masyarakat itu sendiri. Padahal minyak jelantah itu sendiri jika dibuang sembarangan tidak akan bermanfaat apapun bahkan merugikan lingkungan , beberapa lembaga penelitian menyebutkan minyak jelantah yang dibuang ,maka biaya perbaikannya sekitar Rp 9 juta perliternya. Maka oleh itu kami yayasan sahabat edukasi lingkungan mengajak masyarakat terutama pengurus lingkungan, agar mau bekerja sama dengan kami, untuk menghadirkan program minyak jelantah bawa berkah dilingkungannya. Jika ada yang berminat untuk program ini , bisa menghubungi ke nomor Whatsapp 088289006724. Semoga program minyak jelantah bawa berkah ini bisa berkembang ke seluruh provinsi di Indonesia, agar Indonesia terlepas dari limbah minyak jelantah.