Pandemi Masih Berlangsung, Ketiga Sektor Usaha Ini Justru Terus Tumbuh Positif

DepokNews – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Daerah (PED) Kota Depok, Wahid Suryono menyebutkan, terdapat tiga sektor usaha yang terus mengalami pertumbuhan positif di masa pandemi Covid-19. Antara lain pengadaan air, pengelolan sampah, limbah, dan daur ulang, jasa pendidikan, serta informasi dan komunikasi.

“Kalau kita lihat data dari Badan Pusat Statistik Kota Depok, hanya ada tiga sektor ini yang tumbuh positif di masa pandemi Covid-19,” ujarnya, dikutip dari laman berita.depok.go.id , Senin (19/04/21).

Dirinya merinci, sektor pengadaan air, pengelolan sampah, limbah, dan daur ulang pada 2019 tercatat 3,22 persen dan di 2020 meningkat menjadi 10,45 persen. Sementara sektor jasa pendidikan sebelumnya di angka 6,18 persen menjadi 7,52 persen.

Kemudian, sektor informasi dan komunikasi juga menunjukkan tren yang sama. Pada 2019 sebesar 8.89 persen dan di 2020 menjadi 30,36 persen.

“Ketiga sektor ini terus mengalami pertumbuhan yang positif karena paling banyak digunakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, tambah Wahid, terdapat juga beberapa sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Yaitu jasa perusahaan, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, serta administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib. (JD12/ED 01/EUD02)