Pandangan Ahli Linguistik Soal Kata “Pribumi” Dari Anis

Posted on 36 views
DepokNews- Ahli linguistik Universitas Indonesia (UI) Untung Yuwono mengatakan, Anies Baswedan menggunakan kata “pribumi” dalam konteks penjajahan pada masa silam. Kata pribumi dalam KBBI berarti penghuni asli, yaitu yang berasal dari tempat yang bersangkutan.
“Dilawankan atau dioposisikan dengan ‘penjajah’ dalam konteks pemakaian kata ‘pribumi’ oleh Anies yang berkenaan dengan sejarah kolonialisme di Jakarta pada masa silam,” katanya, Rabu (18/10).
Dikatakan, konteks harus diperhatikan dalam pemakaian kata ‘pribumi’. Karena pemakaian bahasa tidak dapat dilepaskan dari konteks. Konteks ‘pribumi’ yang digunakan Anies berupa konteks kebahasaan (disebut ko-teks dalam ilmu bahasa). Yaitu kalimat-kalimat yang datang sebelum dan beberapa saat setelah kata ‘pribumi’ itu dipakai ketika Anies berbicara tentang Jakarta sebagai kota yang telah dihuni oleh masyarakat (pribumi) yang pernah dijajah oleh kolonialis (penjajah) hingga merdeka.
“Jadi, kata ‘pribumi’ yang digunakan oleh Anies Baswedan itu merujuk pada ‘masyarakat Jakarta yang dijajah oleh kolonialis pada masa kolonialisme’,” pungkasnya.(mia)