DepokNews- Komunitas ibu-ibu yang tergabung dalam Paguyuban Sahabat Al Biruni boleh menjadi referensi positif bagi kaum hawa mana pun yang berorganisasi. Pasalnya, Jumat (25/4), mereka berserta buah hatinya membagikan takjil gratis kepada pengendara di Simpang Tugu Tanah Baru di Kelurahan Tanah Baru, Beji, Jumat (25/5/2018).

Takjil dibagikan anak-anak mereka kepada pengendara yang melintas. Tidak hanya pengendara motor, sopir dan penumpang angkutan umum (Angkot) serta kendaraan pribadi menjadi sasaran mereka.

“Assalamualaikum, ini takjil gratis pak untuk berbuka,” tutur Evan yang langsung disambut ucapan terima kasih dari pengendara ojek online yang melintas di persimpangan tersebut.

Koordinator kegiatan, Maria Iskandar menjelaskan, Paguyuban Sahabat Al Biruni ini merupakan komunitas ibu-ibu yang berdomisili di sekitar Kelurahan Tanah Baru, dimana anggotanya saat ini mencapai 40 orang.

“Kami baru terbentuk di 2018, jadi ini tahun pertama kami berbagi takjil,” kata Maria.

Tak kurang dari 200 paket takjil dengan lima item makana, mulai dari lontong, gorengan, kurma dan minuman ludes dibagikan kepada pengendara yang melintas, baik dari arah Jalan Raya Sawangan, Jakarta, Kukusan atau pun dari Curug Agung.

Saat ini, sambung Maria, pihaknya menyertakan anak-anak mereka, kira-kira sekitar 25 anak yang ikut, karena kebetulan baru selesai Ujian Kenaikan Kelas (UKK) yang dilaksanakan bertepatan dengan bulan suci Ramadan

“Anak-anak yang sedang menjalankan ibadah puasa, berjuang menahan lapar dan dahaga sekaligus harus memutar otak tuk bisa mengerjakan soal-soal UKK. Jadi kami ajak mereka untuk refreshing di dengan membagi takjil,” papar Maria.

Menyertakan buah hati mereka pun tidak hanya alasan itu saja. Namun, kata Maria, kegiatan ini juga untuk mengajarkan anak-anak bersosialisasi dan saling berbagi kepada sesama. Terlebih, Ramadan merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan.

“Setelah ini, acara dilanjutkan dengan tadarus dan buka puasa bersama jama’ah Masjid Alfurqon yang letaknya tidak jauh dari simpang Tugu Tanah Baru,” tandasnya.(mia)