Ormas di Depok Harus Dibina dan Disinergikan Oleh Pemkot

Posted on 4 views

DepokNews – Sekretaris Komisi A DPRD Kota Depok, Qurtifa Wijaya mengatakan bahwa organisasi masyarakat (ormas) harus bisa dibina dan disinergikan oleh pemkot Depok. Ormas sebagai wadah untuk berhimpun dan berpartisipasi masyarakat juga harus diarahkan untuk kepentingan pembangunan.

“Harus dibina bahkan bisa disinergikan dengan program pemerintah, misal ormas kepemudaan maka sinergikan dengan program kepemudaan, ormas lingkungan sinergikan dengan program lingkungan, begitu juga ormas di bidang lainnya,” jelas politisi dari PKS ini.

Dirinya mengatakan Komisi A sudah rapat dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok dan meminta agar lebih ada pendataan, pembinaan dan perhatian hingga ada peran pemerintah dalam melangsungkan komunikasi yang intens dengan mereka. Dengan adanya komunikasi yang intens, diharapkan sinergitas akan terbangun untuk kemajuan pembangunan kota Depok.

“Dialog dan komunikasi diperlukan, gak hanya antara pemkot dengan ormas, tapi juga antar ormas dengan Pemkot sebagai fasilitator, ini untuk meminimalisir konflik antar ormas di Drpok,” jelasnya.

Dirinya juga merasa bahwa Indonesia sebagai negara demokrasi pihak pemkot tidak bisa membatasi keberadaan ormas, namun pendataan juga harus dilakukan. Dirinya berharap semua ornamen masyarakat menjadi menjadi  bagian yang menguatkan kota melalui sumbangan daran, ide dan pikiran-pikiran yang membanguun

“Mereka adalah bagian dari suksenya demokrasi dan keberadaan mereka itu memang dihutuhkan, untuk kontrol kinerja pemerintah dan juga mitra untuk memberikan gagasan dan ide,” tutupnya.(mia)