Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia 2020: “Kontribusi Memberi Arti”

DepokNews-+Berbeda dari tahun sebelumnya, di tengah pandemi yang sedang melanda, Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia (OKK UI) tahun 2020 dilaksanakan secara daring. Dengan mengusung tema #MelalUIKontribusi dan tagline “Kontribusi Memberi Arti”, OKK UI 2020 mempercayai bahwa atas keberagaman latar belakang yang dimiliki oleh 8500 mahasiswa baru angkatan 2020 akan meningkatkan kontribusi baik dalam lingkup Universitas Indonesia hingga ke lingkup yang lebih luas baik untuk Indonesia sendiri maupun kancah internasional.

OKK UI 2020 dikemas dengan susunan acara yang sangat menarik. Tahun ini, pelaksanaan OKK UI dibagi menjadi dua bagian, yaitu pra-acara dan acara puncak. Layaknya pelaksanaan OKK UI secara luring, OKK UI 2020 menyuguhkan berbagai macam pengalaman dan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru secara virtual. Mulai dari memperkenalkan profil masing-masing fakultas yang ada di Universitas Indonesia, mengelilingi fasilitas yang ada Universitas Indonesia, hingga memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Universitas Indonesia.

Pra-acara OKK UI 2020 juga menyuguhkan berbagai macam mata acara yang tentunya memikat penonton, seperti mengadakan talkshow dengan civitas Universitas Indonesia yang berprestasi di bidang akademis dan non-akademis, yaitu Manik Marganamahendra (Ketua BEM UI 2019), Diza Alfitsa (Mahasiswa Berprestasi 2020), dan Rivaldo Gere Gurki (Mahasiswa Berprestasi Fakultas Teknik Angkatan 2016) dengan topik pembahasan yang sangat dekat dengan permasalahan kehidupan mahasiswa pada umumnya, talkshow ini menjadi sangat inspiratif untuk seluruh golongan mahasiswa. Tidak hanya itu, pra-acara OKK UI 2020 juga mengadakan permainan secara daring dan menampilkan seni dan bakat civitas Universitas Indonesia yang tentunya dapat memicu peningkatan kontribusi mahasiswa baru angkatan 2020 dalam lingkup Universitas Indonesia sesuai dengan tujuan OKK UI 2020.

Acara puncak OKK UI 2020 disiarkan secara langsung melalui platform Youtube OKK UI dan berhasil menarik perhatian lebih dari 5000 orang. Acara Puncak OKK UI 2020 diramaikan oleh berbagai macam bintang tamu dengan latar belakang yang berbeda-beda seperti Raditya Dika dan Najwa Shihab. Kedua alumni Universitas Indonesia ini merupakan orang-orang yang sangat inspiratif, dari mereka, kita dapat belajar bahwa kita harus mengorbankan suatu hal untuk mendapatkan sesuatu yang ingin kita miliki, baik dalam hal materi maupun intelektual. Dengan konsep talkshow yang dikemas dengan wawancara ringan dan topik yang unik tentunya menghibur untuk semua kalangan penonton. Selain itu, beberapa alumni dan mahasiswa aktif Universitas Indonesia seperti Nadhira Afifa, Arya Lukmana, Andre Rahadian, dan Kristofer Haliansyah juga turut menyampaikan pesan untuk mahasiswa baru Universitas Indonesia angkatan 2020, bahwasanya langkah kecil yang kita mulai akan memberikan impact yang besar kedepannya dan jangan pernah malu untuk tampil berbeda. Tidak hanya itu, OKK UI 2020 juga turut menghadirkan beberapa musisi favorit ternama dari kancah nasional maupun internasional seperti Dua Lipa, Tulus, Rossa, dan Baskara Putra yang turut berkontribusi dalam memeriahkan OKK UI 2020.

OKK UI 2020 telah menghadirkan sebuah konsep baru pada acara penyambutan mahasiswa baru. Walaupun dilaksanakan secara daring, OKK UI 2020 berhasil menyajikan sebuah acara virtual yang menghadirkan suasana yang hangat dengan membangun rasa kekeluargaan yang serupa dengan pelaksanaan OKK secara luring serta berhasil menyampaikan esensi dan tujuan yang dimaksudkan oleh OKK UI untuk senantiasa memberikan kontribusi pada setiap hal, baik kontribusi dalam skala yang besar maupun skala yang kecil tidak hanya kepada mahasiswa baru namun juga untuk seluruh civitas Universitas Indonesia.

Dibuat Oleh​: Tim Media Partner Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia 2020