Operasi Tanggap Bencana PMI Depok untuk Bencana Longsor

Posted on

DepokNews — Sebagai stakeholder Pemerintah Kota (Pemkot) yang bergerak di bidang kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, mengirimkan tim tanggap darurat untuk meninjau korban bencana longsor di Perum Pesona Khayangan, RT 09/RW 16 Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan PMI Kota Depok Imron Maulana, kepada depok.go.id, Selasa (21/02/2017).

“Kami tadi mengirimkan sebanyak empat orang tim untuk meninjau ke lokasi. Mereka adalah dua orang tim pertolongan pertama, dan dua orang anggota penanggulangan bencana,” jelas Imron.

Imron mengatakan, informasi mengenai bencana tanah longsor tersebut diperoleh dari tim tanggap bencana kota Depok. Setelah mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk mengirim sejumlah tim relawan.

“Kami mendapat informasi pukul 06.30 wib. Kebetulan dari dinas pemadam kebakaran yang menghubungi. Setelah itu, kami siapkan tim untuk berangkat kesana,”paparnya.

Berdasarkan laporan yang diperoleh dari tim tanggap bencana PMI Depok, peristiwa tanah longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, satu rumah warga dikabarkan mengalami kerusakan.

“Dari laporan tim kami, ada satu rumah warga atas nama Ibu Bambang di RT 09/RW 16 yang mengalami kerusakan di bagian dapur,”katanya.

Dia menambahkan, PMI Depok akan berkoordinasi dengan tim yang dikirim ke lokasi bencana tersebut. Untuk menentukan bantuan apa yang akan dikirimkan.

“Kami akan rapat dengan tim tanggap darurat yang tadi ke lokasi dulu. Setelah itu akan kami buat daftar bantuan yang paling dibutuhkan oleh korban,” tutupnya.