Oleh: Aisyah Nurmalasari

DepokNews- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Depok kembali lakukan Operasi Beras Gratis (OBG) Sahabat Pangan Keluarga Prasejahtera Indonesia pada Senin, (23/11/2020). Dalam operasi tersebut mereka akan membagikan 1/2 ton beras di tiga titik di Kota Depok.

“Insya Allah yang hari ini turun ada sekitar setengah ton lebih dan akan dibagi di tiga titik. Yang pertama di RW 002 Tugu, yang kedua di Pitara, yang terakhir di sekitar Tempat Pembuangan Akhir Cipayung,” tutur Kepala Program ACT Depok, Zaid Muzayyan, saat ditemui di Kantor ACT Depok.

Ia menjelaskan dalam kegiatan kali ini ACT yang bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok akan dibagi menjadi dua tim. Tim pertama akan mendistribusikan beras kepada penerima manfaat di RW 002 Kelurahan Tugu dan TPA Cipayung, sementara tim kedua akan mendistribusikan beras di Pitara, Kecamatan Sawangan.

“Tim pertama bersama Damkar akan menuju RW 002 dahulu, di sana kami akan menurunkan 150 kg beras, lalu akan langsung menuju TPA Cipayung dan akan menurunkan 150 kg beras juga. Sementara tim kedua akan langsung menuju Pitara, sekitar 250 kg beras akan dibagikan di sana,” jelasnya.

Target penerima manfaat OBG adalah masyarakat yang dikhawatirkan sangat kelaparan sesuai data yang dimiliki RW setempat. Pada kegiatan ini ACT akan memberikan beras masing-masing sebanyak 5kg kepada 110 penerima manfaat di tiga titik pendistribusian, 30 orang di RW 002, 30 orang di TPA Cipayung, dan 50 orang di Pitara.

“Tujuan utama kami dalam mengadakan kegiatan ini adalah agar tidak ada lagi masyarakat yang kelaparan di Kota Depok. Lalu dengan adanga Operasi Beras Gratis ini kami berharap semoga semakin banyak orang baik yang paham terkait dengan wakaf. Karena wakaf ini adalah satu penunjang peradaban,” tutup Zaid.