DepokNews – Berawal dari keinginan memiliki usaha, Irawan Sentosa memberanikan diri untuk membuat usaha roti tawar, padahal ketika itu dirinya sama sekali belum memiliki pengetahuan soal roti tawar. Tidak tanggung-tanggung pula, Irawan, panggilan akrabnya, membeli usaha pabrik roti milik temannya.

Meski meneruskan usaha milik temannya, Irawan harus melewati berbagai hal pahit, mulai dari kondisi pemasaran roti yang ternyata tidak menutup modal, pandemi yang membuat usaha rotinya sempat terhenti hingga penolakan 900 warung terhadap produk rotinya, padahal dirinya hanya ingin menitip roti tersebut, pihak warung pun tidak mendapatkan resiko apa-apa.

“Awalnya teman saya memiliki 14 pedagang roti keliling namun ternyata jumlah retur tinggi dan harga jual terlalu rendah. Saya juga pernah mencoba menitip roti kepada 1000 warung namun hanya 100 yang menerima, itu juga jumlah retur tetap tinggi dan tidak menutup operasional pabrik,” kata Irawan sambil mengenang jatuh bangun usahanya.

Irawan merupakan salah satu anggota dari Genpro Chapter Depok, Genpro adalah komunitas pengusaha profesional yang memiliki tujuan sama dalam membangun peradaban dunia. Jaringan profesional di semua jenis usaha dan berjejaring untuk saling bersinergi menguatkan satu sama lain. Melihat semangat teman-teman di Genpro Irawan tidak patah semangat atas segala kegagalannya, dirinya pun kembali mencoba berbagai usaha agar usahanya berkembang.

Melihat menjamurnya coffee shop dan banyaknya warung makan yang menyediakan berbagai olahan roti bakar yang berbahan dasar roti tawar, berbekal pula ilmu marketing yang ia pelajari di Genpro, Irawan mecoba mendatangi beberapa tempat tersebut dan menawarkan kerjasama untuk menjadi supplier roti tawar cofeeshop tersebut. Sistem ini cukup mendapatkan sambutan baik.

“Saya datangi coffee shop-coffee shop dan tawarkan kerja sama, saya tanya ingin dibuatkan roti seperti apa, mereka kasih contoh rotinya nanti saya yang akan cari resepnya, kalau sudah jadi saya tanya lagi kurang dimana? begitu terus sampai akhirnya rasa roti sesuai permintaan coffeshop tersebut,” jelas Irawan ketika Presiden Genpro Depok, Mas Tio melakukan kunjungan, Sabtu (4/8/21).


Berbekal keuletannya, Irawan berhasil mengembangkan usaha rotinya. Kini roti buatannya juga tersedia di market place Tokopedia dengan nama “Ones Bakery” dengan sistem preorder. Kedepannya Irawan ingin membuat usaha roti bakar yang bahan rotinya berasal dari pabrik rotinya sendiri. Saat ini perbulannya Irawan mendapatkan omzet 50 juta lebih.

Pabrik roti Ones Bakery berlokasi di jalan Kp. Kalibata No.3, RT.10/RW.7, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.