Ketua Predator Land Kota Depok, Petter SS saat menjelaskan olahraga Airs Soft Gun kepada wartawan

DepokNews–Olahraga yang mengasah skill dan kejujuran Air Soft Gun saat ini sigemari kalangan masyarakat seperti yang terlihat di wahana Predator Land di Lantai atas Depok Town Square di Jalan Margonda, Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji.

Ketua Predator Land Kota Depok, Petter SS kepada wartawan mengatakan permainan air soft gun di Depok harus mensyaratkan pemain sudah mempunyai KTP untuk bisa memulai pertandingan.

Menurutnya, olah raga yang menggunakan senjata baterai ini tengah digemari pars kalangan dewasa maupun remaja yang ada di Depok dan wilayah lainnya di Jabotabek.

Sebagai salah satu olahraga, permainan ini tidak hanya mengandalkan  kemampuan atau skill, ketangkasan namun juga kejujuran yang dilakukan oleh setiap pemain Air Soft Gun ini.

“Di Predator Land pemain kami wajibkan sudah harus mempunyai KTP atau sudah cukup umur. Jika masih remaja atau anak-anak, harus didampingi orang tua . Senjata air softguns kita juga sudah teregister dari pihak Kepolisian seperti Polda Metro Jaya” ujarnya

Arena permainan Predator Land yang ada di lingkungan pusat perbelanjaan Detos  telah tergabung terdata di Komunitas berinduk pada Persatuan Olahraga Airsoft Gun Seluruh Indonesia (Porgasi) diwajibkan memiliki sifat jujur.

“Kami nilai kejujuran dalam permainan ini sangat penting. Karena kejujuranlah yang menentukan serunya dalam perolehan point dari olahraga tersebut,” katanya.

Meskipun sekedar olahraga, namun dalam menggunakan atau memperoleh senjata airsoft gun ini tidak bisa sembarangan dan pemain harus memiliki izin sesuai prosedur yang berlaku.

Data yang ada untuk di wilayah Hukum Polda Metro jaya, senjata jenis ini yang resmi terdata sekitar 2.000 pucuk senjata.

“Yang pasti kita juga diminta dukungan dari polri terkait sosialisasi pendataan airsoft gun baik dari kepemilikan maupun penggunaan”katanya.

Untuk regulasi bermain Wahana Predator  teman-teman yang sudah memiliki unit (airsoft gun) yang penting sudah ada pendataan dari kepolisian dan biasanya akan dapat nomor seri unit.

Sementara itu Peter menyebutkan perbedaan antara senjata air gun dengan airsoft gun adalah dari bentuk dan bobotnya sangat berbeda. Bahkan dengan senjata air gun yang menggunakan gas C02.

Lalu secara kasat mata, perbedaan mencolok dapat diliat dari ujung laras senjata.

“Untuk membedakan senjata asli dengan airsoft gun ini kan satu banding satu, yang paling mudah membedakannya adalah ujung senjata ada solatip warna orange. Dan kami pakai peluru bulat kecil berbahan plastik enam mili, jadi aman,” katanya.

Meski demikian, aturan yang berlaku untuk si pemilik maupun pengguna senjata tersebut cukuplah ketat, tidak sembarangan bisa memilikinya.

Bahkan bagi mereka yang menyalahi aturan saksi yang berlaku cukup berat, sebab undang undang yang berlaku untuk airsoft gun sama dengan senjata api, yakni undang-undang darurat.

“Karena aturannya cukup jelas dan ketat, maka kami pun harus selektif. Area bermain yang saya miliki yakni Predator Land di Detos ini pun sudah mengantongi ijin resmi. Jadi semua ada aturannya dan itulah yang saat ini sedang kami sosialisasikan lebih luas”katanya.