Walikota Depok, Mohammad Idris saat menyampaikan khutbah Jumat

DepokNews–Pasar Cisalak kini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pedagang dan pengunjung, salah satu fasilitas tersebut adanya Masjid Al Barkah yang berada di lantai 3.

Masjid Al Barakah ini dilengkapi pendingin ruangan pada posisi tempat imam, keberadaan masjid di lantai 3 dengan halaman cukup luas, dilengkapi kamar mandi serta tempat wudhu terpisah antara laki-laki dan perempuan menjadikan masjid ini nyaman untuk beribadah.

Seperti pada Jumat, (12/10/2018) saat diadakan sholat Jumat, meski masjid tersebut penuh dengan banyaknya jamaah namun tidak terasa panas, bahkan kebeerdaanya yang berada di lantai tiga pada posisi paling atas, para jamaah bisa merasakan angin spoi-spoi jika berada diteras masjid atau dihalaman masjid.

Berindak sebagai khotib pada sholat jumat tersebut, Walikota Depok Mohammad Idris.

Dalam kutbahnya, Walikota mengingatkan agar para pedagang dan pengunjung pasar untuk selalu berdoa ketika memasuki pasar supaya Allah SWT selalu memberikan keberkahan dan jual belinya menjadi jual beli yang mabrur.

“Selama ini kita sering mendengar istilah haji yang mabrur, namun bukan hanya haji yang mabrur, jual beli jika diniatkan karena ibadah dengan dilakukan sesuai kaidah-kaidah agama juga akan menjadi jual beli yang mabrur,” kata Walikota Depok.

Dalam kutbahnya, Walikota Depok juga menyampaikan doa masuk pasar dan fadilahnya berdasarkan hadist Nabi.

Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَخَلَ سُوقاً مِنَ الأَسْوَاقِ، فَقَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ، وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ

Artinya:

Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

LAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, LAHUL-MULKU WA LAHUL-HAMDU, WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI’IN QODIIR.

Siapa yang membaca doa di atas ketika masuk pasar, Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan.”