DepokNews–Dalam rapat dengar pendapat Komisi VIII DPR RI dengan Sekretaris Utama dan Deputi-deputi BNPB , Hj Nur Azizah Tamhid menyampaikan keprihatinan terkait pemenuhan kebutuhan spiritual para korban bencana banjir di kawasan Pondok Gede Permai Bekasi.

Menurutnya para pengungsi mengeluh beberapa tidak bisa membersihkan diri karena terbatasnya air dan kamar kecil sehingga tertinggal menunaikan kewajiban shalat.

” Jadi pada saat saya melakukan kunjungan saya melihat langsung keadaan mereka dan sangat prihatin. Makanya saya sampaikan langsung lewat rapat ini,”ujarnya Anggota DPR RI Dapil Depok dan Bekasi ini melalui pesan tertulis. Kamis (30/1/2020).

Nur Azizah juga menyampaikan penanganan bencana hendaknya tidak melulu terkait hal yang fisik bagi pengungsi. Namun kedekatan dan terjaganya hubungan kepada Allah menjadi perhatian.

” Tidak hanya sebatas pemenuhan sandang pangan dan papan, untuk itu hendaknya pemerintah juga memprioritaskan sisi spiritual keagamaan dan kebersihan seperti tersedia kamar kecil, air bersih dan tempat ibadah (shalat) Mushalla atau Ibadah lainnya,”ujar

Ditambahkan Nur Azizah terjaganya hubungan dengan Allah SWT akan menjadi support dan motivasi para korban bencana untuk tetap semangat dan optimi.

“Sehingga hal tersebut jangan terabaikan sebagai sebuah upaya penanganan korban bencana,”tuturnya.