DepokNews—Docngeng atau cerita sarana atau metode untuk pendidikan bagi anak-anak, karena pendidikan melalui dongeng mudah dipahami dan juga disukai oleh anak-anak.

Hal tersebut dikatakan oleh Ustadzah Hj Nur Azizah Tamhid, calon anggota DPR RI dari PKS dapil Kota Depok dan Bekasi saat memberikan sambutan pada acara Pelatihan Mendongeng di Bekasi yang prakarsai oleh Komunitas peduli anak yang berkerja sama dengan kampus universitas STKIP Panca Sakti baru-baru ini.

“Untuk mendongengn perlu alat peraga sumbernya bisa yang nyata atau berimajinatif. Story telling para orang tua harus belajar. Melatih anak-anak konsentrasi, merangsang anak untuk menarik dan merasa indah, bermanfaat juga untuk menanamkan budaya bahwa orang Indonesia itu ada adat ketimuran dengan khasnya yang tata Krama , halus Budi pekerti,” kata Ustadzah Nur Aziah

Menurut Nur Azizah, ketika mendngarkan dongeng yang mengandung unsur edukatif, akan menambah wawasan bahasa yang banyak juga terdorong untuk suka membaca.

“Dongeng bisa menumbuhkan hal-hal yang positif, memberikan tuntunan yang baik guna membentuk kepribadian agar mencapai sesuatu yang diharapkan,” tambah Ustadzah Nur Azizah.

Ustadzah Nur Azizah juga menjelaskan, salah satu bahan cerita atau dongeng yang bagus bisa mengkisahkah para nabi yang merupakan pelajaran/ mauidzoh hasanah untuk orang-orang yang berakal.