DepokNews – Anggota MPR RI Hj. Nur Azizah Tamhid, B.A., M.A dalam Agenda Sosialisasi Empat Pilar MPR RI atau dikenal dengan Sosialisasi Daerah Pemilihan (Sosdapil) pada Ahad (30/5) di Rumah Makan Dapur Wonogiri, Cilodong – Depok. Nur Azizah menyebutkan bahwa salah satu pilar dari empat Pilar MPR RI yaitu terbentuknya NKRI itu dapat terwujud atas jasa-jasa para ulama di Negeri ini. Untuk itu, Nur Azizah mengajak agar seluruh ulama di Indonesia kompak untuk senantiasa menjaga keutuhan bangsa.

“Jangan Sekali-kali kita warga Negara Indonesia melupakan jasa-jasa para pahlawan dan para ulama negeri ini. Jadi, Jas Merah dan Jas Hijau harus tetap kita miliki. Jadi jasa-jasa pemangku kepentingan dalam menegakan NKRI, kemudian kemerdekaan ini harus tetap dipertahankan, dijaga!”, tegas Nur Azizah.

Nur Azizah ajak masyarakat senantiasa mengamalkan serta merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan NKRI dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, Pancasila merupakan dasar bernegara bagi seluruh umat beragama di Indonesia, serta kunci terciptanya kehidupan bermasyarakat yang harmonis. Serta dalam merefleksikan cinta NKRI para ulama harus berperan aktif dalam menigkatkan rasa nasionalisme sebagai umat beragama di Indonesia. Nur Azizah menambahkan bahwa, Empat pilar Negeri ini terdiri dari Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal ika merupakan kesatuan utuh dalam menciptakan kerukunan dan persatuan.

Sementara itu Hasan Bisri, Ketua MUI Kecamatan Cimanggis yang turut hadir dalam agenda ini turut mendukung bahwa peranan ulama itu sangatlah penting terhadap kemerdekaan Indonesia. Untuknya, agar terus dapat diingat oleh seluruh lapisan masyarakat, dalam setiap kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, para ulama harus dilibatkan, agar dapat meneruskan nilai-nilai ke-Empat pilar ini di Masyarakat.

“Harapan kedepan acara semacam ini untuk dapat juga diselenggarakan pada para khatib, para tokoh-tokoh agama. Karena beliau-beliau yang selalu dekat dengan masyarakat dan menyampaikan penyuluhan kepada masyarakat sehingga para da’i, para khatib, disamping mengajarkan agama untuk mengajak bangsa ini untuk cinta negara dan menjaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia, ”, papar Hasan Bisri.

Sementara itu, Imam Musanto, selaku Anggota DPRD Kota Depok yang hadir dalam Sosdapil, turut menyambut baik kegiatan ini. menurutnya kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini sangat positif sekali, khususnya bagi generasi muda.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan yang terpenting adalah bagaimana aplikasinya setelah sosialisasi ini dapat bisa berjalan. Sangat penting untuk generasi muda karena nilai-nilai Pancasila ini untuk anak-anak muda kita sudah sangat jauh, karena saya mengkroscek sendiri tatkala saya menanyakan langsung, banyak anak muda kita tidak hafal Pancasila. Kemudian, saya juga menanyakan kepada mereka tentang budi pekerti, nilai-nilai agama sebagai basic masyarakat kita, ternyata mereka juga banyak yang tidak paham”, ungkap Imam.

Di akhir kegiatan, Hasan Bisri berharap agar penyelenggaraan kegiatan ini berkelanjutan. “Dan saya yakin ini sangat besar manfaatnya. Hal semacam ini juga sekaligus memberikan dorongan kepada seluruh masyarakat bahwa kita hidup di Negara Republik Indonesia adalah sebuah anugerah dari Allah SWT. Karena Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika ini sama sekali tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Juga tidak bertentangan dengan seluruh ajaran Agama yang ada di Negara Republik Indonesia. Degan demikian kebersamaan dan kekuatan bangsa ini Insya Allah akan tercapai melalui kegiatan semacam ini”, pungkas Hasan Bisri.