NasDem Depok Kecam Aksi Bom di Surabaya

DepokNews- Tragedi Mako Brimob Kelapa Dua Depok dan teror bom di tiga gereja di Surabaya, dikecamPartai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Depok. Bahkan, tiap DPD diinstruksikan untuk menggelar Apel Siaga Nasional dan doa bersama untuk para korban.
Seperti yang dilakukan DPD PARTAI NasDem Kota Depok, yang melakukan Apel Siaga Nasional di Kantor DPD Partai NasDem di Ruko Pesona Jalan Juanda Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, beberapa waktu lalu.
“Hal tersebut instruksi dari DPP untuk menggelar apel siaga nasional dan diminta mendoakan korban serta membacakan pernyataan sikap terkait insiden di Mako Brimob Kelapa Dua dan teror bom di Surabaya,” kata Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok, Hutomo Agus Subekti, Selasa (15/5/2018).
Adapun pernyataan sikap yang disampaikan, yakni pertama NasDem mengutuk segala bentuk terorisme maupun aksi radikalisme yang merusak kerukunan, persaudaraan dan kekeluargaan di antara komponen bangsa, khususnya antar umat beragama di Indonesia dan mengajak segenap rakyat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat di seluruh Nusantara agar tidak takut dan berani melawan, mencegah serta menggagalkan aksi terorisme dan radikalisme dalam bentuk apapun.
“Kedua, NasDem menolak segala bentuk aksi terorisme dan radikalisme sebagai suatu tindakan yang secara nyata maupun prinsip bertentangan dengan ideologi Pancasila yang adalah filosofi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, bertentangan dengan nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa, dan bertentangan dengan hak azasi manusia yang dijunjung bersama sebagai komitmen kemanusiaan universal,” tutur pria yang akrab disapa HAS ini.
Kemudian ketiga, lanjut HAS, NasDem berada di garis depan mendukung pemerintah, khususnya aparat Polri, TNI, intelegen negara dan BNPT, bertindak sigap, cepat dan tegas dalam mencegah serta memberantas aksi terorisme dan radikalisme, untuk menjamin kehadiran negara dalam melindungi bangsa dan segenap rakyat Indonesia.
Keempat, NasDem mengutuk tindakan keji, aksi brutal dan teror, baik di Mako Brimob maupun terhadap umat beragama yang sedang melakukan ibadah Hari Minggu di tiga gereja DI Surabaya, yang mengakibatkan korban luka dan korban jiwa, baik aparat negara maupun masyarakat sipil dan anak-anak.
“Kami mengajak segenap masyarakat untuk berdoa semoga korban luka segera sembuh dan para korban yang meninggal dunia mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan,” kata HAS.
Selanjutnya kelima, NasDem mendukung presiden untuk mengambil kebijakan strategis, melakukan restrukturisasi dan reorganisasi fundamental atas semua lembaga negara terkait untuk memastikan usaha pencegahan dan pemberantasan aksi terorisme dan radikalisme dapat dilakukan secara efektif.
“Itu lah lima pernyataan sikap NasDem yang dibacakan dalam Apel Nasional dan serempak dilaksanakan di seluruh DPP hingga DPD di tiap kabupaten/kota se-Indonesia,” ujar HAS.
Untuk itu, partai bernomor urut 5 ini sangat prihatin dan mengimbau kepada seluruh kader bersama masyarakat untuk mencegah dan menangkal aksi terorisme dan radikalisme di Kota Depok maupun wilayah lainnya.
“Kami juga meminta segenap komponen di masyarakat untuk menjaga keamanan, ketertiban, kedamaian dan kondusifitas di wilayah masing-masing,” ucap HAS.
Sebagai bentuk keprihatinan dan wujud bela sungkawa atas tragedi tersebuf, DPD NasDem Kota Depok juga memasang bendera setengah tiang di kantor sekretariat mereka.(mia)