DepokNews–Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 menghasilkan beberapa usulan baik fisik dan non fisik. Namun demikian kegiatan lebih prioritas pada infrastruktur.

Lurah Kemirimuka Khairul Adyan mengatakan, meski digelar secara daring dan sebagian tatap muka, masyarakat tetap sangat antusias mengikuti Musrenbang. Pasalnya, warga sangat menantikan setiap kegiatan pembangunan di wilayahnya.

“Di wilayah kami usulan non fisik sangat mendominasi. Namun usulan itu tetap kami arahkan sesuai petunjuk teknis yang ada. Dengan pembagian, usulan fisik Rp 1 miliar. Sedangkan Rp 1,5 miliar kita usulkan dalam kegaiatan pembadayan atau non fisik. Total pagu anggaran adalah Rp 2,5 miliar,”katanya pada Senin(18/1).

Dalam Musrenbang 2021, Kelurahan juga menyelaraskan dengan arah kebijakan Pemerintah Kota Depok.

Yakni fokus pada pemulihan ekonomi dan peningkatan sistem kesehatan masyarakat.

“Kami menitikberatkan kepada pemberdayaan masyarakat, ekonomi dan kesehatan,” ujarnya.

“Alhamdulillah secara umum pembangunan fisik di Kemirimuka sudah baik. Hanya tinggal pemeliharaan dan peningkatan,” jelasnya.

Adyan menambahkan, beberapa kegiatan non fisik yang akan diprioritaskan seperti kegiatan Kota Layak Anak, Kampung KB, Mitigasi Bencana dan Kewirausahaan.

Kemudian menyelenggarakan Pelatihan-pelatihan juga akan digencarkan seperti, kerajinan, kuliner, UKM dan lainnya.

“Kami juga akan fokus pada kegiatan kelurahan sehat. Intinya dalam proses perencanaan pembangunan di masa pandemi Covid-19 menjadi hal baru dalam pelaksanaannya,” paparnya.

Pihaknya juga fokus perencanaan menitikberatkan kepada pemulihan ekonomi dan penguatan sistem kesehatan masyarakat.

Sementara itu Camat Beji Anis Fatoni mengatakan, sebelum Musrenbang, telah di lakukan pra musrenbang, di mana para Rt, Rw, PPK dan komponen utama telah mengusulkan programnya.

Mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih belum berakhir, tentunya rencana program kerja sesuai dengan petunjuk dan arahan Pemerintah Kota Depok melalui Bappeda, kebutuhan di wilayahnya masing-masing, tentu dengan skala prioritas di wilayah.

“Mudah-mudahan yang dihasilkan dari Musrenbang ini bisa membawa pembangunan di Kelurahan Kemirimuka lebih baik lagi, terutama dampak pasca Pandemi Covid-19,”katanya.