Musim Panca Roba Penyakit Berdatangan, Ini Tips Menghadapinya

Posted on 18 views

DepokNews -Musim panca roba telah datang dengan ditandai siang hari terik dan sorenya hujan. Kondisi cuaca tersebut terkadang sering berubah-ubah dan terkadang ekstrim. Tidak heran, cuaca tersebut menimbulkan banyak penyakit. Menurut  Kasie Yanmed RSUD Kota Depok Dayu Satriani beragam penyakit yang menyerang tubuh seperti:  gangguan saluran napas atau infeksi saluran pernapasan, diare, typoid (demam), flu, pilek, batuk dan lainnya. “Agar terhindar dari penyakit yang biasa muncul saat pergantian musim dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi,”ujarnya saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Dayu mengungkapkan,kemunculan penyakit-penyakit tersebut kasusnya menjadi tinggi pada awal perubahan musim pancaroba disebabkan juga banyaknya bakteri atau virus yang mencemari lingkungan sekitar. Terlebih lagi, lanjutnya,  menurunnya daya tahan atau stamina pada musim peralihan ini. Menurutnya,  dengan berolah raga yang teratur  akan menghindarkan dari beragama penyakit. “Yang jadi perhatian adalah dengan  banyak mengkonsumsi sayur, buah dan air putih. Tentunya, dengan mengkonsumi vitamin juga akan menambah vitalitas tubuh. Apalagi, juga rajin cuci tangan saat sebelum makan, sebelum menyuapi anak, setelah keluar dari kamar kecil, setelah kontak dengan hewan dan lainnya. Karena dengan cuci tangan  akan menghindarkan dari beragam virus maupun bakteri,”paparnya.

Meski begitu, bila sudah terkena penyakit di musim panca roba ini segeralah berobat ke dokter. Selain itu, lanjutnya, harus minum obat sesuai anjuran dari dokter dan ditambah dengan istirahat yang cukup. “Bagi yang sudah sakit ya harus menghindar dari cuaca yang ekstrims. Bagi masyarakat, agar tetap terjaga kesehatannya agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan keluarga. Pastinya, jauhi juga merokok,”harapnya.

Dengan tips tersebut diharapkan masyarakat bisa terhindar dari penyakit yang biasa menyerang pada musim panca roba ini.