Musim Kemarau Dinas PUPR Bersihkan Situ dan Kali di Depok

Posted on

DepokNews– Memasuki bulan puasa Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bidang sumber daya air (SDA) melakukan pengerukkan situ dan juga kali. Hal ini dilakukan untuk mengatasi banjir saat musim hujan tiba.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti mengatakan, kondisi kemarau seperti sekarang ini merupakan waktu yang pas dimana pengangkatan sedimen dan pengangkatan sampah. Adapun situ yang sudah dikeruk yaitu Situ Pladen, Situ Pengarengan, Situ Pitara dan juga sampai Situ di Grogol. Sedangkan kali mulai dari Kali Pitara, Kali Krukut, kali Grogol, Kali Gandul. Semua melalui proses antrian dalam permintaan pengerukkan.

“Kami berupaya memenuhi semua, sampai saat ini baru ada 4 situ dan 4 kali yang proses pengerukkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala PUPR Kota Depok, Manto menambahkan, program ini memang dilakukan guna menormalisasikan kali dan situ. Setiap hari dilakukan dan kemarin saat musim hujan agak sulit sehingga ketika kemarau ini waktunya cocok. Jadi ketika curah hujan tinggi lagi maka aliran air lancar. Tidak ada lagi sampah dan sedimen-sedimen di saluran kali maupun situ. Semua dilakukan satu persatu dan diupayakan sebulan ini mampu mengurangi sampah dan sedimen yang menumpuk.

“Kalau situ dan kali bersih dari sampah dan sedimen inshaallah ketika curah hujan tinggi tidak meluap dan menyebabkan banjir,” tandas Manto.(mia)