“Semua amal anak Adam untuknya selain puasa, puasa itu untuk-Ku dan Aku-lah yang akan membalasnya.”
(hadits qudsinya).

Puasa adalah perisai. Maka jika kamu sedang berpuasa, janganlah berkata kotor. Jika ada yang memaki atau mengajak bertengkar, katakanlah, “Saya sedang berpuasa”.

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi (Allah) yang nyawa Muhammad di Tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada wangi kesturi. Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan; kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu Tuhannya dengan puasanya itu.” (HR. Bukhari dan Muslim, lafaz ini adalah lafaz Bukhari)

Kita ingat bahwa Ramadhan adalah bulan yang mulia dimana doan kita dikabulkan dan pahala pun di lipat gandakan oleh Allah . Rasanya rindu ingin berjumpa dengan bulan yang mulia itu ,ingin mengadu, ingin bermunajat di malam lailatulqodar yang merupakan malam dikabulkannya semua doa yang diminta oleh hambanya yang bertakwa.

Yang menjadi pertanyaan, apakah tahun ini kita bisa bertemu dengan bulan mulia yaitu bulan Ramadhan? Mengingat saat ini wabah global dunia yang berupa pandemi covid19 menyebar juga di Indonesia saat ini.

Ya Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, maafkan lah kami. Jika kami selama ini fasik, munafik dan banyak dosa. Kami bertobat yang sesungguhnya. Agar Allah ya Rahman ya Rahim mengangkat wabah ini dari Indonesia dan seluruh dunia.

Satukan kami dalam naunganMu yang selalu mengagungkan namaMu ya Rabb.
Ya Tuhan kami yang Maha berkehendak atas segala sesuatu.

Izinkan kami menjadi umat yang Engkau ridhoi. Yang menjalankan semua aturanMu. Juga mengagungkan namaMu. Jika memang ujian wabah ini untuk menguji kesabaran dan ketakwaan kami, maka kuatkanlah kami agar bisa menghadapi semua nya dengan sabar.

Oleh :Watik Handayani (Guru Madrasah, Cinere)