Momen HUT DPRD, BKD Depok Berharap Dewan Lebih Disiplin

DepokNews- Hari jadi ke-19 DPRD Depok, Wakil Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) Hermanto, mengingatkan anggota dewan harus semakin meningkatkan disiplin saat bekerja.
“Khususnya saat rapat harus disiplin, hadir dalam rapat dan tepat waktu. Kecuali jika keadaan terdesak, bisa dikonfirmasi hadir atau terlambat,” terangnya usai Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka HUT ke-19 DPRD Kota Depok di Gedung DPRD, Kecamatan Cilodong, Senin (3/9/2018).
Seluruh anggota dewan harus lebih amanah dalam mewakili rakyat. Harapan terbesar tentu menjadi lebih baik, dewan harus punya disiplin karena sudah dikasih amanah oleh masyarakat.
“Dewan harus punya malu (harus disiplin.red), kita sudah dikasih amanah oleh masyarakat, jangan malas-malasan,” tegasnya.
Menurutnya, BKD sendiri selalu memperhatikan di tiap rapat paripurna
dimana absensi anggota dewan diserahkan ke BKD. Sehingga, ketika ada
anggota DPRD yang tiga kali tidak mengikuti rapat, akan dipanggil.

“Pertama kami panggil ketua fraksinya dulu, masih bisa tidak menjadi dewan, tegur lah anggotanya, kadang-kadang malu kan kita dilihat teman-teman, kadang-kadang bisa pecah keluarga gara-gara mau menjadi dewan, setelah jadi malah males-malesan,” tutur politisi PDI Perjuangan ini.
Hermanto yang juga Ketua Komisi B DPRD Depok ini melanjutkan, pihaknya memang memaklumi ada beberapa agenda di luar. Namun, hal tersebut bukan suatu alasan untuk meninggalkan rapat, baik di rapat paripurna maupun alat kelengkapan dewan.

“Buat saya pribadi, itu beban moral. Apa lagi di fraksi PDI Perjuangan, hampir tiap hari ada tamu, tapi masih bisa hadir di rapat. Kalau mau ketemu dengan kita saja susah bagaimana. Terlepas kita bisa memperjuangkan apa yang menjadi keluhan-keluhan mereka itu wallahu
a’lam, tapi minimal kita bisa mendengar dulu. Kita pilah dulu keluhan mereka kemana salurannya,” terang Hermanto yang maju kembali di Pileg 2019 dapil Beji-Cinere-Limo.
Hal itu, sambung Hermanto, salah satu tugas dan fungsi dari dewan. Bukan berarti menjadi anggota dewan itu serba bisa. Untuk itu, melalui momen HUT ke-19 DPRD Kota Depok ini, paling tidak tumbuh kesadaran dan tanggungjawab terhadap masyarakat banyak.

“Masyarakat memilih kita ini kan berharap bisa menyambung aspirasi ke
eksekutif,” papar Hermanto.
Untuk itu, kata Hermanto, dari BKD sendiri selalu mengkritik, seperti rapat paripurna harus tepat waktu, seandainya dimulai pukul 10.00 WIB, ketika tidak kuorum harusnya di skors sekian menit.

“Kita kasih waktu, kalau tidak sudah. Biar lebih disiplin. Jika sudah disiplin waktu maka dalam bekerja pun dengan sendirinya akan lebih disiplin,” tutupnya.(mia)