Akhir Pekan Ke Mall, Awas! Jangan Sampai Temukan 3 Modus Penipuan Seperti Ini

Posted on 31 views

Depoknews.id, Depok – Tinggal di kota yang metropolitan dan didukung oleh banyaknya pusat perbelanjaan seperti Depok tentu sangatlah unik. Disaat akhir pekan seperti ini, tentu bukanlah wisata pantai ataupun wisata alam pegunungan yang umum dicari oleh warga Depok.

Ya! Lebih banyak warga Depok memilih untuk berakhir pekan di mall, selain dekat dari rumah tapi juga Depok memiliki banyak mall atau pusat perbelanjaan yang dapat menjadi referensi berdasarkan pilihan kita.

Mau berkunjung ke mall yang mewah, warga Depok bisa berkunjung ke Margo City atau Dmall. Atau warga Depok yang mau berkunjung ke mall yang segmennya menengah, tentu kita akan memilih, ITC Depok atau Depok Town Square (Detos).

Namun, jangan sampai niat berakhir pekan kita ke mall berubah menjadi sesuatu yang tidak ingin terjadi seperti menjadi korban hipnotis, penipuan dll. Berikut ini Depoknews merangkum modus-modus penipuan yang sering muncul di pusat perbelanjaan atau mall.

1. Menawarkan Cairan Pembersih

Modus penipuan yang sering terjadi di mall atau pusat perbelanjaan yang pertama adalah modus menawarkan cairan pembersih. Ini pernah terjadi di ITC Depok dan saya sendiri pernah hampir menjadi korban.

Ketika berada di koridor pinggir-pinggiran dari ITC Depok, nampak 3 orang wanita cantik tengah membawa sebotol cairan pembersih yang katanya memiliki multi-fungsi. Lalu datang menghampiri targetnya dan menawarkan secara cuma-cuma. Ketika Anda menerima cairan itu, lantas Anda akan diajaknya untuk kekiosnya dengan iming-iming ada undian hadiah menarik.

Drama terjadi, lalu Anda dibuat terkesan karena Anda mendapatkan hadiah yang lain dari biasanya. Anda diminta menebus hadiah tersebut dengan harga yang diklaim jauh dibawah angka pasar.

2. Menawarkan Undian Berhadiah

Untuk modus yang berikutnya ini hampir serupa dengan modus pertama. Perbedaannya hanya diawal proses mendapatkan targetnya dan media yang digunakan. Kejadian seperti ini pernah terjadi di Depok Town Square, letaknya di basement dekat dengan Hypermart.

Selepas Anda meninggalkan kasir Hypermart, Anda berjalan menuju pusat makanan atau foodcourt yang letaknya dilantai yang sama. Anda lalu akan dihampiri oleh pemuda atau bahkan juga ada wanitanya, menawarkan hadiah undian dari Hypermart. Dengan syarat memperlihatkan struk pembelanjaan lalu Anda akan mendapatkan hadiah menarik.

Setelah memperlihatkan struknya, Anda akan diajak ke sebuah kios yang katanya tempat pengundian hadiah. Drama terjadi, lalu Anda dibuat terkesan karena Anda mendapatkan hadiah yang lain dari biasanya. Anda diminta menebus hadiah tersebut dengan harga yang diklaim jauh dibawah angka pasar.

3. Bertanya Toilet

Modus berikutnya adalah modus yang paling jahat dan berbahaya. Sebisa mungkin hindari untuk pergi ke mall atau pusat perbelanjaan yang sudah umum dengan kasus ini. Pernah terjadi di ITC Depok juga, sebenarnya ini adalah aksi hypnotis.

Modus operandinya adalah pura-pura bertanya dimana toilet, caranya menepuk pundak dari belakang agar korban atau target terkejut. Saat itulah hipnotis atau gendam terjadi seraya bertanya dimana toilet.

Itulah tiga modus penipuan atau kejahatan yang sering terjadi di mall-mall. Semoga dengan informasi ini Anda semakin mawas ketika berada di pusat perbelanjaan.