Doktor Miftahul Jannah bersama keluarga

DepokNews– Miftahul Jannah, wanita yang lahir di Palembang tahun 1975, ibu dari tiga orang anak ini berhasil meraih gelar Doktor IT dari Universitas Gunadarma.

Doktor Miftahul saat memberikan sambutan

Gelar doktor tersebut berhak disandang Miftahul Jannah setelah ia dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dalam mempertahankan desertasinya yang berjudul “Klasifikasi Gaya Berjalan Laki-Laki dan Perempuan Berdasarkan Pada Fitur Pergerakan Titik Pusat Massa Dengan Menggunakan Perambatan Balik Jaringan Saraf Tiruan”. Sidang terbuka tersebut digelar di Kampus Universitas Gunadarma Gedung F8, Jalan RTM Depok, Jumat (11/10/2019).

Penelitian ini mengamati gaya berjalan orang untuk membedakan jenis kelamin laki-laki dan perempuan dan juga bisa dijadikan sebagai karakteristik biometric dari seseorang.

Sebelum dinyatakan lulus sebagai doktor, dalam sidang terbuka ini Miftahul Jannah harus menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh tim penguji.

Banyak pertanyaan yang sederhana namun tidak mudah untuk menjawabnya meskipun pada akhirnya Miftahul Jannah berhasil menjelaskannya. Beberapa pertanyaan tersebut seperti, apakah penelitian ini bisa mengetahui jenis kelamin seseorang berdasarkan gaya berjalan yang dilihat dari posisi yang jauh, atau apakah bisa mengetahui jenis kelamin seseorang yang seluruh tubuhnya tertutup.

Dalam sambutan perdananya sebagai seorang doktor Miftahul Jannah merasa sangat bersyukur kepada Allah SWT dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan dan dukungan sehingga ia berhasil menjadi seorang doktor yang merupakan gelar akademik tertinggi dalam dunia pendidikan.

“Alhamdulillahi Robbil `Alamin, segala puji bagi Allah SWT yang maha kuasa, dengan segala kasih dan sayangNya saya dapat menyelesaikan penelitian ini dan beerhasil lulus. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginnya kepada Yayasan Pendidikan Gunadarma yang telah memberikan kesempatan untuk melanjutkan studi Program Doktor Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma,” ucapnya.

Miftahul Jannah menempuh pendidikan program doktor dengan Promotor Profesor Doktor  Sarifudin Madenda, Ko Promotor  Doktor Tubagus Maulana Kusuma dan Doktor Hustianawaty. Miftahul Jannah merupakan Doktor Teknologi Informasi lulusan Universitas Gunadarma yang ke-157