Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpur) Kota Depok, Siti Chaerija

DepokNews- Meskipun teknologi sudah semakin canggih, namun membaca buku tetap masih diminati. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya minat baca warga Depok, dan jumlah warga yang mendaftar menjadi anggota Perpustakaan Umum Kota Depok terus meningkat.

Berdasarkan data Perpustakaan Kota Depok tahun 2018 ada 20.066 orang yang mengunjungi perpustakaan dan yang meminjam buku sejumlah 7.466 orang. Sedangkan di tahun 2019 ada 40.349 orang yang mengunjungi perpustakaan dan yang meminjam buku sejumlah 9.809 orang. 

“Kemudian, untuk jumlah warga yang menjadi anggota perpustakaan ada 11.608 orang. Untuk koleksi buku kami ada 39.528 buku dari 19.183 judul,” tutur Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Kadiskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah.

Dikatakannya, sarana prasarana yang nyaman dan kemudahan membuat kartu anggota juga merupakan faktor yang memengaruhi peningkatan minat masyarakat untuk menjadi anggota perpustakaan.

Dikatakannya, untuk membuat kartu anggota masyarakat cukup datang ke Perpustakaan dengan membawa KTP. “Membuat kartu anggota sangat mudah dan cepat, prosesnya paling lama 5 menit,” ujarnya.

Siti menambahkan, adapun syarat pendaftaran lainnya yaitu berdomisili di Kota Depok. Namun bagi pengunjung yang bukan warga Depok dapat melampirkan kartu mahasiwa/kartu pelajar yang masih aktif. Meski demikian, lokasi kampus/sekolahnya harus berada di wilayah Kota Depok.

“Kemudian pengunjung bisa mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di perpustakaan. Setelah itu menunggu beberapa saat untuk sesi foto. Lalu kartu anggota langsung dicetak dan bisa digunakan. Tidak ada biaya administrasi, semuanya gratis,” tandasnya.(mia)