DepokNews–Setelah beberapa waktu yang lalu meresmikan Mesin Anjungan Mandiri (ADM) di salah satu pusat perbelanjaan wilayah Sawangan. Kini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok bakal kembali meluncurkan ADM ke dua di Pusat Perbelanjaan Depok Town Square pada Senin (21/12). Peluncuran ADM tersebut bakal dilakukan oleh Wali Kota Depok.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Nuraeni Widayatti mengatakan, ADM ini merupakan mesin kedua yang ada di pusat perbelanjaan. Sebelumnya ADM sudah terpasang di The Park Sawangan untuk melayani pencetakan dokumen kependudukan.

“ADM yang ada di The Park Sawangan kemarin merupakan hibah dari Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri. Lalu, yang akan diresmikan di Detos berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok tahun 2020,” katanya Minggu (20/12/20).

Dikatakanya, penentuan lokasi ADM yang kedua merupakan hasil dari beberapa pertimbangan. Maka, Detos terpilih sebagai lokasi pemasangan karena terdapat pelayanan publik lainnya. Seperti pelayanan keimigrasian dan Surat Izin Mengemudi (SIM) oleh Polres Metro Depok.

“Kami tempatnya mesin ADM ini satu lantai dengan layanan publik lainnya,” ujarnya.

Menurut Nuraeni, dengan terpasangnya ADM di Detos diharapkan dapat memudahkan masyarakat. Misalnya bagi warga Kecamatan Beji, sebagian Pancoran Mas dan Cimanggis karena lokasinya dekat Jalan Margonda Raya.

“Ketika sudah mengurus tahapan permohonan dokumen kependudukan online, warga bisa mengurus cetaknya di ADM terdekat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Disdukcapil terus mendorong pelayanan dokumen kependudukan di Depok menjadi Go Digital. Karena itu, mesin ADM dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapat pelayanan yang mudah.

“Jadi ada ADM urus dokumen Dukcapil dari rumah praktis dan mudah dalam rangka Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (Gisa). Yaitu pelayanan yang membahagiakan,” tutupnya.