DepokNews–Bedah Kampus Universitas Indonesia 19 atau yang dikenal dengan BKUI19 merupakanacara yang diadakan di Balairung, Universitas Indonesia pada Tanggal 7 dan 8 Desember 2019.

Acara yang mengusung tema “Pengalaman” ini dihadiri oleh 16000 pelajar dari berbagai SMAbaik di sekitar maupun di luar Jabodetabek. Dengan diusungnya tema ini, BKUI19 dapat menjadi sarana bagi para pelajar SMA untuk merasakan bagaimana keseharian seorang Mahasiswa UI.

Dengan demikian, pelajar diharapkan akan mendapatkan gambaran akan dunia perkuliahanmelalui informasi yang disampaikan di BKUI19 ini. Kira-kira apa saja sih keseruan di acara ini?Yuk, kita simak!


1. BEDAH UNIVERSITASBedah Universitas merupakan talk show inspiratif yang mendatangkan alumni maupunmahasiswa UI yang akan membagikan pengalamannya mulai dari perjuangan untuk masuk UIhingga menitih karir di dunia kerja. Beberapa diantaranya adalah Elisa Jonathan, NataliArdianto.


Natali Ardianto  Bang Natali adalah alumni dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Beliaupernah menjadi co-founder dari tiket.com dan kini menjadi CEO dari Jovee.id. Menurut bangNatali, mahasiswa UI itu harus memiliki global mindset di era globalisasi ini. Global mindsetdapat kita peroleh dengan mempelajari hal-hal paling baru yang sedang berkembang di duniainternasional, tentunya dengan modal Bahasa inggris yang baik.   Beliau juga menegaskan bahwa kita harus mencari passion kita sedini mungkin karena passion dapat kita ubah menjadi skill. Apabila kita bekerja sesuai passion maka pekerjaan ituakan terasa lebih menyenangkan. Terakhir, bang Natali menekankan, “be 110%, become abovethe average” maksudnya adalah selama kuliah kita harus mencari nilai tambah dalam diri kitakarena pengalaman lebih penting dari IPK saat kita mencari kerja.


Harry Aprianto Kissowo

Beliau merupakan alumni Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia. BangHarry adalah seorang entrepreneur yang bergerak dalam bidang Elektronik. Beliau menghasilkansound system yang kualitasnya sudah diakui oleh dunia internasional. Beliau mengatakan bahwa pelajaran-pelajaran sulit yang diterima selama masa perkuliahan itu sebenarnya berguna untuk mengubah pola pikir kita saat terjun di dunia kerja. Proses belajar mengajar selama 4 tahun yangkita lalui akan membuat otak kita dapat berfikir lebih cepat daripada orang yang belummerasakan bangku kuliah.
Vadie Akbar KalimataBang Vadie Akbar merupakan alumni Teknik Elektro Fakultas Teknik UniversitasIndonesia. Setelah masuk ke dunia perkuliahan, bang Vadie mengaku pikirannya menjadisemakin terbuka karena memiliki banyak teman dengan berbagai macam latar belakang. Ketikakita kuliah, kita akan terbiasa jadwal padat, soal yang susah, dan multitasking. Hal-hal itu secaratidak sadar dapat membuat kehidupan kita menjadi lebih cepat dan terstruktur. Bang Vadieberpesan bahwa dalam memperjuangkan sesuatu kita harus tetap berbakti pada orang tua danjangan lupa beribadah. Sepintar apapun kita, kalau tidak diridhoi oleh Tuhan maka kita tidakakan bisa berhasil.


Arief Budhy HardonoBeliau adalah mantan ketua ILUNI (Ikatan Alumni UI) periode 2016-2019. Saat sedangberkuliah UI sangat berperan dalam memberikan values dalam kehidupan kita. Sesuai dengantagline UI yaitu buku, pesta, dan cinta, UI tidak hanya memberikan ilmu untuk diri kita, namunbisa juga memberikan bagaimana caranya bergaul dan dapat menjadi tempat untuk mencaripasangan hidup. Tak lupa, bang Arief berpesan bahwa sebagai manusia kita harus dapatmemberikan dampak yang besar bagi masyarakat dan langkah utamanya adalah dengan merubahmindset kita menjadi veritas (kebenaran), probitas (kejujuran), dan iustita (keadila

2. BEDAH FAKULTASBedah Fakultas merupakan sesi di mana para peserta BKUI19 dapat secara langsung mengunjungi fakultas impian mereka menggunakan Bis Kuning (Bikun). Di tiap fakultas, pesertaakan turun dan diberikan informasi oleh tour guide yang merupakan mahasiswa dari fakultastersebut. Contohnya pada Fakultas Ilmu dan Pengetahuan Budaya, para peserta akandiberitahukan hal-hal yang menjadi daya tarik di fakultas tersebut sembari berkeliling melihatberbagai macam bangunan yang ada di fakultas tersebut.
3. BEDAH JURUSANSetelah berkeliling dan sudah merasa cocok dengan sausana fakultas yang ada di UI,tetapi masih ragu ingin jurusan apa? Tenang, di BKUI19 terdapat (jumlah) stand jurusan yangakan menjadi tempat bertanya para peserta. Stand tersebut akan diisi oleh perwakilan mahasiswadari tiap jurusan, jadi para peserta bebas bertanya tentang pengalaman berkuliah di jurusantersebut. Sehingga nantinya peserta akan semakin yakin bahwa jurusan tersebut sesuai denganekspektasi mereka dan bisa menghapuskan istilah ‘salah jurusan’ ketika telah menjalani kuliahnanti.
4. PENAMPILAN UNIT KEGIATAN MAHASISWASelain terdapat Bedah Universitas, Bedah Fakultas, dan Bedah Jurusan. BKUI19 juga menghadirkan penampilan dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UI.UKM yang tampil di antaranya, yaitu (apa) dan (apa). UKM di UI bertujuan selain untukmengisi waktu di luar perkuliahan, melainkan dapat mengasah kemampuan kita untuk dapatberprestasi di bidang nonakademis.

Bagaimana acara BKUI19 menurut teman-teman, seru bukan? Bagi teman-teman yangbelum sempat hadir pada acara tahun ini, jangan khawatir, karena kita dapat bertemu kembali di tahun depan! Sampai bertemu di BKUI20!
Dibuat oleh: Tim Media Informasi Bedah Kampus Universitas Indonesia 19Narahubung: Echa (081213964400)