Oleh: Aisyah Nurmalasari

DepokNews- Masa muda merupakan masa yang menggebu-gebu. Rasa penasaran yang memuncak seringkali membawa kita menemukan hal-hal baru. Masa ini begitu penting sehingga diibaratkan sebagai kunci kesuksesan di masa tua. Begitu krusialnya masa muda ini tergambarkan dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya:

“Tidaklah kaki manusia bergeser nanti pada hari kiamat dari hadapan Tuhannya, sebelum ditanya tentang empat hal: 1) Tentang umurnya digunakan untuk apa; 2) Masa mudanya dihabiskan untuk apa; 3) Hartanya didapat darimana dan dibelanjakan ke mana; 4) Apa yang dilakukan dengan ilmunya.” (H.R At-Tirmidzi)

Syaikh Abdul Aziz bin Baz Rahimahullah berkata dalam Majmu’ Bin Baz bahwasanya para pemuda pada umat manapun, mereka adalah tulang punggung yang membentuk unsur pergerakan dan dinamisasi. Pemuda mempunyai kekuatan yang produktif serta kontribusi terus menerus. Tidak akan bangkit suatu umat kecuali ada di pundak pemuda yang mempunyai kepedulian dan semangat menggelora.

Untuk itu, demi mencapai masa muda yang gemilang, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mengisi masa muda.

  1. Mencari teman yang baik
    Dunia pertemanan merupakan sesuatu yang sangat mempengaruhi kehidupan remaja. Perangai kita dapat dilihat dari dengan siapa kita bergaul. Untuk itu, memilih ikatan pertemanan sangat penting pada masa remaja ini. Berkumpul dengan orang-orang shaleh akan membawa kita menuju jalan yang baik. Pebanyaklah teman dari golongan ini agar tertular kebaikannya.
  2. Membuat Visi-Misi Masa Depan
    Masa depan memang belum bisa kita ketahui. Namun, bukan berarti kita harus menunggu dan pasrah akan ketetapan Allah. Kita bisa merancang masa depan kita dengan membuat visi-misi kehidupan. Mimpi apa yang ingin kita capai dan bagaimana cara mencapai mimpi tersebut. Dengan begitu, langkah kita akan senantiasa terarah untuk menuju kebaikan yang telah kita rencanakan. Jangan lupa diiringi dengan doa agar Allah ridho dengan rencana tersebut.
  3. Menuntut Ilmu Sebanyak-banyaknya
    Menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban bagi setiap manusia. Dengan berilmu kita tidak akan mudah dibodohi perkembangan zaman. Selain itu, menuntut ilmu menjadi bukti kontribusi dan dedikasi yang diberikan oleh remaja bagi peradaban dunia.

Tidak hanya itu, Allah berjanji sebagaimana termaktub dalam al-quran surat al-mujadalah (58) ayat 11 bahwa Ia akan meninggikan orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat. Rasulullah juga bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwasanya Allah akan memudahkan jalan bagi orang yang menuntut ilmu menuju surga. Malaikatpun akan meletakkan sayapnya bagi penuntut ilmu tanda ridha dengan apa yang ia perbuat.

  1. Memanfaatkan Waktu yang Baik
    Waktu merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Membiarkan waktu begitu saja tanpa diisi dengan sesuatu yang bermanfaat merupakan suatu tindakan yang merugi. Manfaatkan waktu di masa muda ini dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat agar kita terbiasa memanajemen waktu dengan baik di masa tua nanti.

Masa muda merupakan masa yang tidak boleh dilenakan dengan berbagai kesenangan duniawi. Ada amanah besar yang menanti di pundak para pemuda sebagai generasi harapan bangsa dan agama. Semoga dengan menerapkan tips-tips tersebut kita termasuk pemuda yang disebutkan dalam tujuh golongan yang akan diberi naungan oleh Allah di hari kiamat kelak.