Yayasan Al Hikmah Cipayung Jaya menggelar Professional Teacher Class (PTC) pada Sabtu (11/09/2021)
PTC merupakan program unggulan dari divisi Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Yayasan Alhikmah Cipayung Jaya yang ditujukan untuk guru di Sekolah Islam Terpadu Alhikmah Depok (SIT Al Hikmah Depok).
Dengan tema Efektifitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dan Manajemen Kelas Online Bagi Siswa Generasi Z, PTC Ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru dalam mendampingi siswanya di ruang-ruang belajar.


“Pelatihan ini merupakan suatu kebutuhan bagi seorang guru, yang diharapkan nanti guru guru dapat berkompeten dan dapat memberikan pelayanan yang sebaik baiknya untuk siswanya. Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat untuk para guru, karena kita sebagai guru kita harus terus belajar, guru lebih dari sekedar mengajar ia mendidik, menginspirasi sampai dengan menggerakan dan untuk bisa sampai seperti itu maka guru harus menjadi pembelajar. Guru harus selalu uptodate dalam segala hal terlebih yang terkait dengan profesinya” Ujar Ketua Yayasan Al-Hikmah Cipayung Jaya Ahmad Faisal pada sambutannya.


Pada pelatihan ini dihadiri oleh kepala dinas pendidikan Kota Depok yaitu Wijayanto yang memberikan motivasi bagi para guru yang ada di SIT Al-Hikmah. “ ada 4 hal yang harus kita perhatikan dalam proses belajar mengajar yaitu guru sebagai tenaga pendidik. Yang kedua adalah murid sebagai peserta didik yang menjadi target kita sebagai pendidik yang harus diperhatikan juga hak nya sebagai seorang murid yaitu bukan hanya tentang hak akademik melainkan juga karakter dalam hal ini moral dan etika yang baik yang harus dimiliki oleh seorang murid. Kemudian yang ketiga adalah kurikulum yang harus diperhatikan untuk memenuhi hak hak yang dimiliki oleh seorang murid . dan yang terakhir adalah sarana prasarana, pemerintah berusaha untuk memenuhi sarana prasarana Pendidikan di kota depok yang pertama dengan sekolah negeri, kemudian juga ada Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang ada juga di sekolah swasta” Ujar Wijayanto.


SIT Al-Hikmah menghadiri seorang fasilitator dan pembelajar yang aktif sebagai praktisi terbaik dengan guru dan kepala sekolah mengenai proses belajar mengajar yang bermakna dan aspek manajerial sekolah yaitu Agus Sampurno yang akrab dipanggil Coach Agus untuk memberikan pelatihan terhadap guru yang ada di SIT Al-Hikmah mengenai salah satu strategi pembelajaran yaitu blended learning
“Yang memaksa seorang guru untuk belajar bukan kepala sekolah, bukan orang tua siswa, bukan menteri Pendidikan sekalipun namun ternyata keadaan yang memaksa seorang pendidik untuk melakukan perubahan” Ujar Coach Agus


Peserta pelatihan di arahkan untuk membuat Learning Journey agar fokus pada pencapaian target kelulusan kompetensi mata pelajaran disetiap jenjang. Harapannya dengan diadakannya PTC ini dapat bermanfaat dan dapat diimplementasikan dengan baik oleh setiap guru dan guru tumbuh kompetensinya menjadi lebih baik dan bermutu. Program PTC ini akan diadakan setiap dua bulan sekali karena diselang dengan program pembinaan ruhiyah dan akhlak guru. Barakallahu fiikum (hhf&rch)