DepokNews–Menjelang launching persiapan vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan Kamis (14/1/2021). Walikota Depok bersama Tim Gugus Tugas serta Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar dan Dandim 0508 Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj melakukan pengecekan langsung di RSUI Depok.

Wali Kota Depok, Muhammad Idris mengatakan Walikota Depok KH.Muhammad Idris mengatakan inspeksi ini untuk mengecilkan kesiapan dan simulasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Kota Depok.

“Setelah tadi kita cek kedalam rumah sakit segala persiapan telah siap. Termasuk para tenaga kesehatan sudah siap juga,”ujar Walikota Depok KH. Muhammad Idris didampingi Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Dadang Wiharna, Kadinkes Kota Depok Novarita Kapolres Metro Depok dan Dandim Kota Depok di lobi RSUI Depok. Selasa (22/1/2020).

Idris menyebutkan untuk launching penyuntikan vaksinasi Covid akan diuji coba terlebih dahulu 10 orang.

“Untuk launching besok ini penerima vaksin covid dari nakes 200, aparat 10, dan komunitas,”katanya.

Untuk tahapan yang akan dijalani pada penerima calon vaksin, lanjut Idris, dari tenaga kesehatan akan melakukan screning sebanyak 16 pertanyaan.

“Jika dari screning satu saja sudah ada pernah terjadi misal jika sudah pernah terkena positif covid-19 maka tidak bisa menerima vaksin,”paparnya.

Sementara itu untuk lokasi vaksin launchingnya, lanjut Idris, adalah di RSUI Kota Depok.

“Nanti juga ada RS swasta dan Puskesmas yang ada di Kota Depok telah siap dalam vaksinasi warga Depok. Pemberian vaksin dibagi tiga tahap, tahap 1 ada 11140 orang dilakukan pemberian vaksin sebanyak dua kali dengan jeda setiap kali suntik dua minggu untuk bereaksi lebih baik,”tuturnya.

“Kita masih menunggu kedatangan vaksin dari pemerintah pusat, kita mengikuti aturan pemerintah. Lalu berita simpang siur di luar dampak negatif dari vaksin Covid-19, setelah dikeluarkan edaran vaksin ini sudah mengantungi BPOM dan ulama sehingga masyarakat Depok lebih aman halal,”ungkap Idris.

Sementara itu, Polres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar mendukung penyelenggaraan Vaksin tersebut. Bahkan pihaknya siap membackup pengamanan dalam pelaksanaan vaksinasi.

“Kita imbau kepada masyarakat khususnya Depok agar untuk ikut mendukung program upaya pemerintah dalam vaksinasi Covid-19 untuk misi kemanusiaan,”ungkapnya.