Pada weekend lalu tanggal 3 dan 4 Agustus 2019 ada kemeriahan yang terjadi di Taman Jatijajar, Tapos. Di taman ini diselenggarakan acara yang diberi nama Depok Bersama, yang bertujuan untuk merayakan kebersamaan warga kota di ruang publik. Menariknya, kegiatan ini di inisiasi oleh empat komunitas yang berbeda latar belakang satu sama lain. Pertama, komunitas Ketimbang Ngemis Depok, yang berupaya melakukan pemberdayaan ekonomi di level akar rumput masyarakat. Kedua, Taman Baca RMA, komunitas mendorong literasi warga di sekitar Jatijajar. Ketiga, Wanita Pengusaha Muslimah Indonesia, sebuah organisasi yang mendampingi ibu-ibu rumah tangga untuk bisa memperbaiki taraf kesejahteraannya melalui keterampilan wirausaha. Terakhir, Sekar Bawana, komunitas yang diisi oleh para pemuda yang kerap melakukan ekplorasi alam bebas.

Hari Sabtu, tanggal 3 Agustus 2019 acara diisi dengan pengenalan produk UKM unggulan di lingkungan Jatijajar. Dilanjutkan dengan motivasi yang disampaikan oleh Ibu Chichi Sukardjo, yang merupakan founder Komunitas Bahagia dengan Stress. Terakhir ditutup dengan hiburan kepada para pengunjung yang hadir. Peserta yang hadir berasal dari berbagai kalangan, terutama masyarakat di sekitar tempat acara. Turut hadir juga para pengurus PKK dan UMKM di Kota Depok, hingga Remaja Masjid dan Karang Taruna. Sebagai bentuk inklusivitas, acara ini turut mengundang para kawan-kawan tuli dari Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia).

Pada hari Ahad tanggal 4 Agustus 2019, acara diawali dengan penampilan tari tradisional. Penampilan dari grup kesenian tari, memberikan suasana yang meriah dan mengundang para pengunjung untuk datang. Selepas itu, diisi juga dengan penampilan atraksi freestyle basket serta hiburan musik dari para anak jalanan. Penampil dari anak alanan menjelaskan bahwa tidak semua stigma yang dilekatkan ke anak jalanan itu benar, sebagai bukti ia sendiri belum pernah meminum alkohol hingga sekarang. Selanjutnya diadakan juga kelas memasak dan kelas make up yang ramai diikuti oleh pengunjung. Daftar hadir mencatat para pengunjung baik di hari pertama maupun kedua melebihi dari 100 orang.

Terselenggaranya acara ini dengan baik dan ramai membuktikan bahwa kolaborasi lintas komunitas yang berbeda latar belakang bisa dilakukan. Antusiasme warga juga memberi indikasi bahwa sebenarnya masyarakat haus akan kegiatan bersama seperti ini di ruang publik. Salut untuk acara Depok Bersama dan panitia penyelenggaranya, bravo!

===
Ditulis oleh Tim Ruang Publik Bersama. Program Ruang Publik Bersama adalah program yang bertujuan untuk membangun kepedulian para pemangku kepentingan kota untuk mewujudkan ruang publik yang inklusif di kota Depok. Program ini diinisiasi oleh Code Margonda bersama 17 komunitas di Kota Depok.

https://www.facebook.com/Grosir-Kaca-Mata-1734066946827730/?epa=SEARCH_BOX